Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Skuter Matik yang Meluncur di 2020

Pasar kendaraan skuter matik masih memiliki pangsa pasar yang cukup kuat, terbukti sepanjang tahun 2020 pabrikan otomotif banyak meluncurkan kendaraan matik untuk pasar Indonesia.
Desain Vespa Primavera Sean Wotherspoon memiliki perpaduan warna yang eksentrik. /Vespa
Desain Vespa Primavera Sean Wotherspoon memiliki perpaduan warna yang eksentrik. /Vespa

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan skuter matik masih memiliki pangsa pasar yang cukup kuat, terbukti sepanjang tahun 2020 pabrikan otomotif banyak meluncurkan kendaraan matik untuk pasar Indonesia.

Berikut daftar kendaraan skuter matik yang meluncur selama 2020:

1. Yamaha Mio dan Fino

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) menghadirkan empat varian warna terbaru untuk skuter otomatis (skutik) Mio M3 Standar, yaitu metallic grey, metallic red, metallic white, serta metallic black.

Sedangkan untuk Mio M3 AKS SSS tampil hanya dengan satu varian warna baru yaitu matte silver.

Yamaha Mio M3 memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 4,2 liter yang paling besar di kelasnya. Model ini memakai teknologi Blue Core yang menjadikan konsumsi bahan bakar motor Yamaha lebih irit, akselerasi cepat dan bertenaga, serta kualitas mesin lebih tahan lama.

Yamaha Mio M3 standar dijual Rp16.215.000 dan Mio M3 AKS SSS seharga Rp17.135.000, semua berstatus on the road Jakarta.

2. Yamaha Fino

Yamaha kembali meremajakan tampilan Yamaha Fino Grande dan Yamaha Fino Premium dengan pilihan warna baru.

Yamaha Fino Premium terdapat tiga varian warna, yaitu Brown, White, dan Black yang sekaligus menjadi Hero Bike. Sedangkan untuk Yamaha Fino Grande, terdapat dua varian warna yaitu Blue dan Red.

Penyegaran warna Yamaha Fino Grande dan Premium tidak mengubah harga jual Fino. Untuk Fino Sporty dijual Rp18.580.000, Fino Premium dijual Rp 18.580.000 dan Yamaha Fino Grande dijual Rp19.740.000, yang semuanya berstatus on the road Jakarta.

3. Yamaha Xmax dan Aerox

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis dua skutik edisi khusus bertema "MAXI Signature" untuk model Yamaha Xmax dan Aerox 155 VVA.

Dua sepeda motor edisi khusus itu tampil dengan warna Matte Black yang menjadi ciri khas MAXI yang ditambah sentuhan warna emas. Pada bodi ditempelkan logo "MAXI Signature", sedangkan bagian velg dipoles warna emas.

Aerox berkelir putih itu terinspirasi corak Yamaha R1 20th Anniversary yang diluncurkan pada 2018. Aerox 155 VVA versi standar juga memperoleh penyegaran grafik pada warna hitam dan merah.

Yamaha memasarkan Xmax “MAXI Signature” seharga Rp60.950.000 on the road Jakarta. Sedangkan Aerox 155 VVA “MAXI Signature” dibanderol Rp28.345.000 on the road Jakarta.

Aerox 155 VVA R-Version Racing White bisa dimiliki dengan harga 25.915.000 on the road Jakarta, sedangkan Aerox 155 VVA versi standard dijual Rp24.575.000 on the road Jakarta.

4. Yamaha Aerox Connected Edisi Moto GP

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) kembali memberikan penyegaran kepada Yamaha Aerox melalui edisi khusus MotoGP untuk All New Aerox 155 Connected yang tampil dengan spesial livery "Monster Energy Yamaha MotoGP (MEYM) Team" pada Selasa.

Selain memberikan corak MotoGP, All New Aerox 155 Connected juga dihias dengan emblem Yamaha berwarna emas (Yamaha Gold Emblem) guna menambah nilai istimewa serta eksklusivitas pada motor.

All New Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155cc berpendingin cairan, dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin.

Mesin baru itu menghasilkan tenaga maksimum 11.3kW / 8.000rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm/6.500rpm yang menjadikan All New Aerox 155 Connected memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik di kelasnya.

5. Yamaha Gear 125

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) membuat kejutan dengan merilis sepeda motor baru, Yamaha Gear 125, setelah pabrikan asal Jepang itu meluncurkan All New Aerox dan varian baru All New NMax Connected.

Melalui Gear 125 yang mengusung konsep "sepeda motor multiguna", Yamaha ingin melengkapi varian produk bermesin Yamaha Blue Core 125cc setelah Mio, Lexi, Freego, Fino, X-Ride hingga Soul GT.

Sepeda motor yang menjadi pesaing Honda Vario 125 itu dijual dengan harga Rp 17.350.000 (tipe S-Version) dan Rp 16.750.000 (Standard) berstatus on the road Jakarta.

Selain itu, pabrikan Yamaha juga merilis sejumlah kendaraan baru seperti Lexi 125 VVA S Version, All New Aerox 155 Connected, dan All New NMax 155 Standard Connected.

6. Vespa S 125 i-get

PT Piaggio Indonesia meluncurkan Vespa S 125 i-get terbaru, dengan desain yang diperbarui serta peningkatan fungsionalitas maupun tampilan yang lebih sportif dan dinamis, demi menyasar konsumen kalangan muda.

President Director of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengungkapkan Vespa S 125 i-get terbaru menawarkan kesan jiwa muda yang kuat sehingga menunjang kebutuhan mobilitas maupun gaya kalangan muda.

Vespa S 125 i-get tersedia dalam pilihan warna Blue Vivace, Black Vulcano dan Grey Titanio, ditawarkan seharga Rp39 juta (on the road Jakarta) termasuk garansi 3 tahun.

7. Vespa Primavera Sean Wotherspoon

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan desainer muda Amerika untuk menghadirkan skuter fesyen Vespa Primavera Sean Wotherspoon edisi terbatas yang dibanderol Rp85 juta on the road Jakarta.

Dalam hal ini, Vespa memang rajin melakukan kolaborasi dengan tokoh-tokoh terkemuka di industri fesyen yang memegang nilai sama dalam membangkitkan dan menginspirasi generasi masa kini. Vespa ingin menjadi yang terdepan dalam tren masa depan sambil mempertahankan warisan kuatnya dari masa lalu.

Diketahui, Sean Wotherspoon memiliki kelihaian untuk bermain warna yang menggambarkan jiwa muda Vespa dan kemampuan dalam memadupadankan material yang tepat semakin memperkaya perspektif dalam mengagumi kendaraan roda dua khas Italia ini.

8. Vespa Racing Sixties

Produsen kendaraan roda dua asal Italia, Vespa, kembali meluncurkan lini varian terbarunya bertajuk "Vespa Racing Sixties" yang mencakup Sprint 150 dan GTS 300 HPE edisi terbatas di Indonesia.

Vespa Racing Sixties hadir dalam dua model, yaitu Vespa Sprint 150 dan Vespa GTS 300 HPE (High Performance Engine) mewakili model paling berani di lini Vespa.

Vespa Racing Sixties edisi terbatas ditawarkan dengan harga Rp54,6 juta on the road Jakarta untuk Vespa Sprint 150, dan Rp157juta on the road Jakarta untuk GTS 300 HPE. Harga tersebut sudah termasuk garansi 3 tahun.

9. Vespa GTV Sei Giorni II Edition

PT Piaggio Indonesia merilis Vespa GTV “Sei Giorni” II Edition dengan banderol Rp155 juta on the road Jakarta. Vespa GTV "Sei Giorni" II Edition menawarkan pengalaman berkendara yang epik, tanpa meninggalkan esensi vintage dari motor legendaris itu.

Pada bagian jantung mesinnya, Vespa Sei Giorni terbaru mengadopsi mesin 300 HPE (High Performance Engine) yang paling bertenaga – sebuah evolusi terkini dari mesin 300 cc silinder tunggal 4 tak 4 katup berpendingin cairan dengan injeksi elektronik.

Mesin menghasilkan tenaga maksimum 23,8 HP dan torsi maksimum 26 Nm yang semakin menegaskan kesiapannya untuk dikendarai secara elegan di perkotaan, untuk berwisata, ataupun berpetualang jarak jauh.

Sama dengan Yamaha, Vespa Piaggio juga banyak menghadirkan varian baru dengan banyak menghadirkan edisi terbatas di 2020 seperti Super 150 ,LX 125, Primavera 150, Sprint 150, Sprint S 150, S 125 i-GET, GTS 300 HPE Racing Sixties dan Piaggio MP3 500 HPE.

10. Suzuki Adress FI

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menghadirkan pilihan warna baru untuk skutik Address FI guna menemani aktivitas harian masyarakat yang dinamis dan bermobilitas tinggi.

Suzuki Address FI varian Elegant mendapatkan warna baru yaitu Mat Bordeaux Red dan Mat Black yang menambah pesona keanggunan saat dikendarai. Suzuki Address FI Standar dan Elegan memiliki gaya penampilannya masing-masing menyesuaikan dengan selera konsumen.

Suzuki Address FI varian standar dibanderol Rp17.075.000 dan Rp 17.400.000 untuk varian Elegant (on the road Jakarta). Address FI adalah skutik pertama Suzuki yang telah diekspor ke 30 negara.

Suzuki juga turut meramaikan pasar skuter matik dengan menghadirkan beberapa kendaraan yang disegarkan seperti Suzuki Nex II dan Suzuki Nex crossover.

11. Honda Scoopy

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda Scoopy dengan balutan warna baru merah putih untuk varian stylish, jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke ke-74.

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan Honda Scoopy mengikuti perkembangan tren sehingga mereka menghadirkan warna baru pada Honda Scoopy yang sesuai dengan tema kebangsaan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Honda Scoopy memiliki akselerasi 12,73 detik untuk mencapai jarak 200m dan memiliki kecepatan maksimum hingga 91,3 km/jam. Konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya dapat mencapai 59 km/liter dengan metode pengujian ECE R40 melalui fitur ISS dengan pengetesan EURO 3.

Seluruh pilihan varian New Honda Scoopy dipasarkan dengan harga on the road Jakarta Rp19.193.000.

Selain Honda Scoopy edisi kemerdekaan, Astra Honda Motor juga merilis beberapa kendaraan matik di Tanah Air seperti, All New BeAT, PCX 150, Vario 125, Vario 150, Genio, serta ADV 150.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper