Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Studi Continental 2020 : Pandemi Dorong Tren Transportasi Pribadi

Transportasi pribadi menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19. Sebaliknya, penggunaan transportasi umum dan carpool telah menurun secara signifikan di seluruh dunia.
Mobilitas. Sebagai konsekuensi dari penyebaran global virus corona, kebiasaan mobilitas sehari-hari telah berubah secara signifikan di seluruh dunia. /Continental
Mobilitas. Sebagai konsekuensi dari penyebaran global virus corona, kebiasaan mobilitas sehari-hari telah berubah secara signifikan di seluruh dunia. /Continental

Bisnis.com, JAKARTA - Transportasi pribadi menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19. Sebaliknya, penggunaan transportasi umum dan carpool telah menurun secara signifikan di seluruh dunia.

Ini adalah beberapa temuan kunci dari Studi Mobilitas Continental 2020, baru-baru ini. Dalam kerangka penelitian, survei representatif tentang kebiasaan mobilitas masyarakat dilakukan di Jerman, Prancis, AS, Jepang dan China bekerja sama dengan lembaga riset Infas.

Ariane Reinhart, Anggota Dewan Eksekutif Continental untuk Hubungan Manusia dan Keberlanjutan, mengatakan hasil Studi Mobilitas Continental menunjukkan bahwa ada kebutuhan global akan mobilitas pribadi. Selama pandemi virus corona, permintaan ini semakin meningkat.

“Dengan latar belakang masalah iklim yang mendesak, solusi yang berkelanjutan dan bebas karbon untuk transportasi global menjadi lebih penting," katanya.

Sebagai perusahaan teknologi dengan salah satu peta jalan keberlanjutan terlengkap di industri pemasok, Continental siap memberikan kontribusi penting di banyak bidang yang berkaitan dengan transportasi pribadi. Sasaran Continental adalah mobilitas bebas karbon paling lambat 2050.

Tren Transportasi Pribadi

Di Prancis dan Jerman, 80 persen responden melaporkan telah mengubah kebiasaan mobilitas harian mereka selama pandemi. Pada 81 persen, perubahan perilaku serupa dapat diamati di AS. Perubahan terbesar terjadi di Asia: di Jepang, 88 persen orang telah mengubah kebiasaan mobilitas mereka, dengan angka ini meningkat menjadi 93 persen di China.

Meskipun jumlah perjalanan telah berkurang secara signifikan bagi banyak orang selama krisis, banyak orang melaporkan telah menggunakan mobil mereka lebih sering. Ini terutama terjadi di China, di mana hampir setengah dari mereka yang disurvei menunjukkan bahwa mereka lebih sering bepergian dengan mobil. Mengingat lebih banyak orang di daerah perkotaan yang berpartisipasi dalam survei representatif, hal ini sangat mengejutkan.

Di Jerman yang berpenduduk padat dengan sistem transportasi umum yang relatif padat, seperempat dari mereka yang disurvei menggunakan mobil lebih sering daripada sebelum wabah pandemi. Bahkan di Prancis, di mana kebebasan bergerak dan dengan demikian mobilitas sangat dibatasi, 16 persen penduduknya telah menggunakan mobil lebih teratur. Jerman (23 persen), Amerika Serikat (22 persen) dan Jepang (21 persen) menunjukkan tren serupa.

Pandemi virus korona menyebabkan mobilitas pribadi yang lebih besar dan dengan demikian meningkatkan kepadatan lalu lintas di lima negara yang disurvei. “Kendaraan modern dengan perangkat lunak prediktif kini menjadi bagian penting dari solusi kebutuhan mobilitas orang. Mobil yang membawa penumpangnya dengan aman dan efisien ke tempat tujuan. Continental adalah singkatan dari solusi cerdas ini,” kata Ariane Reinhart.

Selain mobil, sepeda juga semakin meningkat akibat pandemi virus corona. Pada 34 persen, peningkatan penggunaan sepeda sangat tinggi di China, diikuti oleh Jerman sebesar 21 persen. Lain halnya dengan transportasi umum, sementara itu, dengan separuh orang di Jerman mengatakan bahwa mereka menggunakan angkutan umum lebih jarang daripada sebelumnya, dan lebih dari separuh di China dan Jepang.

Perlu dicatat bahwa 56 persen orang di AS dan 48 persen orang di Prancis tidak melakukan perubahan dalam penggunaan bus dan kereta api. Di China, Jepang, dan Jerman, hanya sekitar sepertiga responden yang melaporkan hal serupa.

Studi Continental 2020 : Pandemi Dorong Tren Transportasi Pribadi

Pertanyaannya adalah apakah tren ini akan berlanjut setelah krisis. Beberapa hasil dari Continental Mobility Study 2020 tampaknya menunjukkan hal ini : antara 6 persen responden di Jepang dan Jerman dan 15 persen di AS melaporkan bahwa mereka telah membeli mobil atau sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil dalam jangka menengah hingga panjang mengingat adanya dari pandemi.

Di China, di mana proporsi pemilik mobil masih jauh lebih rendah, sentimen ini digaungkan oleh sebanyak 58 persen responden. Perlu juga dicatat bahwa, secara komparatif, warga China melaporkan lebih sering menggunakan skema car-sharing atau carpool atau ketergantungan pada mobil sewaan selama pandemi.

Secara keseluruhan, mobil adalah bagian dari perjalanan harian bagi kebanyakan orang di semua negara yang disurvei. Di AS, Jerman, dan Prancis, lebih dari setengah dari mereka yang disurvei mengaku menggunakan kendaraan setiap hari atau hampir setiap hari dan sekitar sepertiga melaporkan mengendarai mobil setidaknya sekali seminggu.

Pada 43 dan 41 persen masing-masing, total untuk China mencapai tingkat yang sama tinggi, tetapi dengan lebih sedikit perjalanan harian atau hampir setiap hari daripada di negara-negara industri Barat. Hanya sekitar sepertiga orang Jepang yang disurvei melaporkan mengemudi setiap hari atau setidaknya sekali seminggu, dengan 13 persen responden di sana menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak mengemudi.

Kesimpulannya, sebagai konsekuensi dari penyebaran global virus corona, kebiasaan mobilitas sehari-hari telah berubah secara signifikan di seluruh dunia. Orang-orang menghindari penggunaan transportasi umum seperti bus, kereta api dan carpools di seluruh dunia - di Asia lebih banyak daripada di Eropa. Ini menguntungkan transportasi pribadi. Mobil dan sepeda pribadi merupakan moda transportasi yang disukai.

Studi Mobilitas Continental

Sejak 2011, perusahaan teknologi Continental telah melaksanakan Studi Mobilitas Continental tentang berbagai topik utama secara berkala. Continental Mobility Study 2020 adalah edisi keenam dari studi tersebut, yang menanyakan orang-orang di Jerman, Prancis, AS, China, dan Jepang tentang berbagai aspek mobilitas. Salah satu bidang fokus studi saat ini adalah mobilitas listrik. Pada tahap pertama pada September 2020, sampel representatif dari populasi disurvei di lima negara di tiga benua.

Selain ekspektasi dan sikap terkait kendaraan listrik, survei tersebut juga membahas tentang perubahan mobilitas di tengah pandemi Covid-19 global. Tindakan untuk menghentikan penyebaran virus untuk sementara waktu mengurangi sebagian besar mobilitas di semua negara yang disurvei sebagai bagian dari penguncian yang ketat yang diberlakukan pada populasi mereka.

Pada saat yang sama, perilaku banyak orang berubah, bahkan setelah tindakan dilonggarkan dan mobilitas sebagian besar dapat kembali normal. Temuan survei mengungkapkan perubahan khusus dalam perilaku, sikap dan harapan.

Mobility Study 2020 adalah upaya bersama antara Continental dan pasar dan lembaga penelitian sosial infas, yang telah mendukung Studi Mobilitas sejak 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper