Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 4 Langkah Merawat Mobil Selama Libur Akhir Tahun 2020

Libur dan cuti akhir tahun 2020 sudah di depan mata. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum teratasi, liburan kali ini dapat dimanfaatkan untuk menjalani kegiatan bersama di rumah, salah satunya merawat kondisi mobil secara mandiri.
Sama seperti darah di tubuh manusia, oli mesin punya fungsi penting menjaga stamina mesin mobil. /Auto2000
Sama seperti darah di tubuh manusia, oli mesin punya fungsi penting menjaga stamina mesin mobil. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA – Libur dan cuti akhir tahun 2020 sudah di depan mata. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum teratasi, liburan kali ini dapat dimanfaatkan untuk menjalani kegiatan bersama di rumah, salah satunya merawat kondisi mobil secara mandiri.

Pemerintah resmi memangkas hari libur nasional dan cuti bersama akhir tahun 2020. Ada tiga hari libur yang dibatalkan, yakni tanggal 28, 29 dan 30 Desember 2020. Dengan kebijakan ini, pegawai swasta maupun negeri diminta tetap masuk bekerja seperti biasa.

Adapun total libur akhir tahun yang ditetapkan pemerintah berjumlah delapan hari, yakni 24 – 27 Desember dan 31 Desember sampai dengan 3 Januari 2021.

Seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada lima langkah merawat mobil di rumah saat libur cuti bersama. Mulai dari mencuci eksterior, hingga memeriksa bagian kolong mobil.

Berikut penjelasannya:

1. Cuci Mobil

Selagi ada waktu, Anda bisa mencuci mobil sekaligus olahraga bersama keluarga. Sebaiknya tidak mencuci di bawah terik sinar matahari atau di bawah pohon rindang. Siapkan alat yang dibutuhkan seperti sampo mobil, sikat plastik, kain lap dan kain microfiber. Jangan lupa membersihkan seluruh bagian kabin mobil, termasuk bagasi.

2. Cek Ban Mobil

Sembari dibersihkan, pastikan seluruh ban dalam kondisi prima dengan mengecek tekanan angin serta kondisi telapak dan dinding ban. Periksa kondisi ban cadangan yang sering terlupakan karena posisinya di kolong mobil.

3. Periksa Oli Mesin

Sama seperti darah di tubuh manusia, oli mesin punya fungsi penting menjaga stamina mesin mobil. Perhatikan kapan terakhir ganti oli mesin. Segera ganti oli mesin bila ternyata waktu pemakaian atau jarak tempuh telah melewati batas yang ditentukan. Selagi membuka kap mesin, periksa pula kondisi air radiator, minyak rem, air aki, serta cairan pembersih kaca mobil. Tambah kalau kurang dan ganti jika sudah waktunya diganti.

4. Cek Kolong Mobil

Perhatikan jika ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin. Periksa pula kondisi kaki-kaki, baik depan maupun belakang. Perhatikan jika ada karet yang pecah atau sudah getas. Coba gerakkan dengan tangan bagian mekanis yang berkaitan dengan setir atau suspensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper