Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Mini Hyundai Dukung Perawatan Pasien Anak-anak

Hyundai Motor mengungkap detail satu-satunya mini EV-nya berdasarkan mobil konsep 45 dalam film pendek di YouTube.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 15 Desember 2020  |  18:00 WIB
Mobil Mini Hyundai Dukung Perawatan Pasien Anak-anak
Emotion Adaptive Lighting menampilkan warna hijau, kuning atau merah untuk menunjukkan keadaan emosi anak. - Hyundai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor mengungkap detail satu-satunya mini EV-nya berdasarkan mobil konsep 45 dalam film pendek di YouTube. Mobil mini Hyundai ini ditujukan untuk mendukung perawatan pasien anak-anak.

Video berdurasi 6 menit tersebut menunjukkan bagaimana minicar tersebut menggunakan teknologi Emotion Adaptive Vehicle Control (EAVC) untuk mendukung pasien muda di Rumah Sakit Anak SJD Barcelona di Spanyol sebagai bagian dari proyek Little Big e-Motion.

EAVC adalah teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mengoptimalkan lingkungan kendaraan berdasarkan informasi baik dari dalam maupun luar kendaraan. Hyundai Motor Group memimpin pengembangan teknologi generasi mendatang ini, sebagai bagian dari kolaborasi penelitian akademis dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Media Lab.

Teknologi EAVC memantau ekspresi wajah, detak jantung, dan detak pernapasan, serta menggabungkan pembacaan ini dengan input dari kendaraan termasuk kecepatan, akselerasi, kebisingan, dan getaran. Teknologi tersebut kemudian memproses data menggunakan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan lingkungan kendaraan dan secara aktif mengontrol sistem kendaraan seperti dispenser pencahayaan, iklim, musik, dan wewangian.

EVAC adalah jantung dari proyek Little Big e-Motion Hyundai. Dilengkapi dengan teknologi ini, mini EV - yang dirancang oleh tim yang sama yang mengawasi konsep 45 - akan digunakan untuk mendukung perawatan pasien muda di rumah sakit.

Hyundai mendonasikan EV satu-satunya ini ke rumah sakit SJD di Barcelona di mana ia akan digunakan untuk mendukung mobilitas pasien muda dari tempat tidur rumah sakit ke ruang perawatan, yang dianggap sebagai salah satu perjalanan paling menegangkan bagi anak-anak.

“Kami ingin teknologi kami membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami di berbagai ruang mobilitas di luar jalan raya,” kata Jinmo Lee, Senior Research Engineer di Hyundai Motor, Selasa (15/12/2020). Jinmo yang memimpin proyek tersebut berharap teknologi EAVC pada minicar akan memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan aman bagi pasien muda dan membantu meningkatkan hasil kesehatan mereka.

Video tersebut mengikuti hari perawatan untuk pasien muda di rumah sakit SJD. Awalnya dia cemas dengan perawatannya, tetapi teman barunya, EV mini, segera melakukan keajaiban untuk memberinya keberanian dan membuatnya merasa lebih siap secara emosional untuk perawatan.

Mini EV yang dilengkapi EAVC berinteraksi dengan 'pengemudi' mudanya melalui lima teknologi utama: Sistem Pengenalan Emosi Wajah, Sabuk Latihan Pernapasan, Sensor Pemantauan Denyut Jantung, Pencahayaan Adaptif Emosi, dan Dispenser Aroma Adaptif Emosi.

Sistem Pengenalan Emosi Wajah menggunakan kamera di depan kursi untuk mengidentifikasi emosi anak secara real-time. Sabuk Latihan Pernapasan membungkus tubuh dan kantong udaranya memberikan tekanan lembut untuk membantu meredakan kecemasan dan memungkinkan pernapasan lebih stabil, sedangkan akselerometer, Sensor Pemantauan Denyut Jantung, mengukur detak jantung dan detak pernapasan.

Emotion Adaptive Lighting menampilkan warna hijau, kuning atau merah untuk menunjukkan keadaan emosi anak. Emotion Adaptive Scent Dispenser menyemprotkan wewangian yang disesuaikan dengan pernapasan untuk membantu membuat para pasien muda tersenyum. Kendaraan juga mengeluarkan gelembung untuk merayakan kemajuan anak dalam pengobatan.

Selain memberikan dukungan emosional kepada pasien muda, EAVC juga membantu pekerjaan staf medis di rumah sakit dengan memberi tahu mereka tentang keadaan emosional pasien muda tanpa interaksi langsung, yang sangat berguna di era COVID- 19.

“Rumah sakit sangat senang memiliki teknologi seperti itu yang tersedia untuk anak-anak,” kata Joan Sanchez de Toledo, Kepala Departemen Kardiologi Anak di rumah sakit SJD. "Ini secara dramatis akan mengubah cara pasien menghadapi pengobatan."

Hyundai Motor berencana untuk terus mendukung perawatan pasien muda di rumah sakit SJD melalui proyek 'Little Big e-Motion', sembari menyempurnakan teknologi EAVC-nya melalui aplikasi ini. Perusahaan berharap dapat memperluas penggunaan teknologi generasi mendatang ini pada perangkat mobilitas di masa mendatang untuk meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil Mainan Anak-anak
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top