Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mercedes 600 Pullman 1965 Milik Mantan Menteri China Dijual Rp4 Miliar

Mercedes 600 Pullman keluaran 1965 terdaftar di situs jual-beli eBay dengan harga US$285.000 atau setara Rp4 miliar.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 27 November 2020  |  18:51 WIB
Mercedes 600 Pullman. Kendati mobil tersebut telah berpindah tangan beberapa kali sejak itu, odometernya hanya menunjukkan jarak tempuh 13.164 mil atau 21.186 km.  - Mercedes
Mercedes 600 Pullman. Kendati mobil tersebut telah berpindah tangan beberapa kali sejak itu, odometernya hanya menunjukkan jarak tempuh 13.164 mil atau 21.186 km. - Mercedes

Bisnis.com, JAKARTA - Mercedes 600 Pullman keluaran 1965 terdaftar di situs jual-beli eBay dengan harga US$285.000 atau setara Rp4 miliar.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (27/11/2020), limosin tersebut adalah milik Chen Yi yang bergabung dengan Partai Komunis dan terus naik pangkat saat dia menjadi Wali Kota Shanghai pada 1949.

Dia kemudian menjadi Menteri Luar Negeri China. Sosoknya bahkan sempat tampil di sampul majalah Time untuk artikel berjudul The Enemy in Asia – Red China’s Foreign Minister Chen Yi.

Dengan jabatan tersebut, Chen Yi sangat mungkin memiliki mobil yang sangat istimewa. Dia dikabarkan memerintahkan pengiriman Pullman ke Shanghai, setelah kedatangannya ke Hong Kong.

Namun, kebersamaan Chen Yi dengan mobil tersebut sangat singkat. Dia dituduh tidak loyal saat masa Revolusi Kebudayaan China dan mobil itu pun berlabuh di tangan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Mobil itu masuk dalam penyimpanan jangka panjang, tetapi akhirnya ditemukan pada 1990-an oleh seorang insinyur Jerman yang bekerja untuk Volkswagen Shanghai.

Dia memperoleh mobil itu dan mengirimkannya kembali ke Jerman. Kendati mobil tersebut telah berpindah tangan beberapa kali sejak itu, odometernya hanya menunjukkan jarak tempuh 13.164 mil atau 21.186 km.

Model mobil tersebut merupakan satu dari dua model yang pernah diimpor ke China, sehingga mobil ini masih dalam kondisi orisinal. Namun, perjalanan mobil ini berakhir di Mercedes-Benz Classic Center di California dua tahun lalu.

Mercedes 600 Pullman 1965 memiliki mesin V8 6,3 liter, yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 250 hp. Fitur menarik dari model ini adalah sistem hidrolik yang digunakan untuk menggerakkan segala sesuatunya, mulai dari jendela hingga jok dan bagasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mercedes Benz pullman Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top