Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Suzuki Jimny Sierra Tertangkap Uji Jalan di India

Suzuki Jimny Sierra, yang telah dipamerkan kepada publik India di Auto Expo pada Februari 2020, tertangkap sedang melakukan pengujian di jalan raya.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  19:00 WIB
Ilustrasi Suzuki Jimny. Sejak generasi pertamanya meluncur di Indonesia pada tahun 1979, Jimny dikenal sebagai mobil off-road yang terbukti lincah dan tangguh mengarungi berbagai medan ekstrem.   - Suzuki.
Ilustrasi Suzuki Jimny. Sejak generasi pertamanya meluncur di Indonesia pada tahun 1979, Jimny dikenal sebagai mobil off-road yang terbukti lincah dan tangguh mengarungi berbagai medan ekstrem. - Suzuki.

Bisnis.com, JAKARTA - Suzuki Jimny Sierra, yang telah dipamerkan kepada publik India di Auto Expo pada Februari 2020, tertangkap sedang melakukan pengujian di jalan raya.

Seperti diberitakan Autocar, Suzuki Jimny Sierra merupakan produk yang sejauh ini diproduksi di Jepang. Di sana, Jimny hadir dalam dua konfigurasi, yakni tipe Kei Car yang menggunakan mesin bensin 660 cc dan Sierra menggendong mesin 1500 cc.

Rencananya, Maruti India akan meluncurkan Jimny Sierra 5 pintu pada 2021. Mobil ini diprediksi menggunakan mesin K15B 1.500 cc, yang juga digunakan Vitara Brezza, Ciaz dan Ertiga.

Selain itu, Maruti India juga akan memproduksi Jimny 3 pintu untuk pasar ekspor, sementara versi 5 pintu akan difokuskan untuk memenuhi pasar domestik.

Suzuki Jimny dipastikan tidak memiliki saingan serupa di pasar otomotif India. Model ini akan mengisi celah yang ditinggalkan Maruti Gypsy yang saat ini produksinya telah dihentikan.

Kendati demikian, para off-roader kemungkinan membandingkan kemampuan Jimny dengan Force Gurkha baru dan Mahindra Thar generasi kedua yang baru saja diluncurkan.

Kehadiran Jimny Sierra di jalan raya India semakin menegaskan bahwa Maruti Suzuki siap memproduksi Jimny di pabrik Guragon.

Situasi berbeda justru terjadi di Indonesia, yang menjadi salah satu basis produksi Suzuki, selain Jepang dan India. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui telah menyetop pemesanan Jimny sejak 1 September 2019.

"Sebetulnya dari bulan September tahun lalu, kami sudah menutup keran untuk tambahan inden, sampai sekarang belum buka lagi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)," ujar Direktur Pemasaran 4W SIS, Donny Saputra.

Suzuki Jimny diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2 tahun lalu atau tepat pada 5 Juli 2018. Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, mobil 4WD ini langsung menyedot perhatian publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suzuki Jimny Model SUV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top