Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Hemat BBM? Ini Beberapa Teknik Eco Driving

Penerapan teknik economic driving atau eco driving dinilai mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi tingkat polusi, sehingga lebih ramah lingkungan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  10:31 WIB
Jaga jarak dengan kendaraan lain, dan gunakan engine brake untuk deselerasi.  - DAIHATSU
Jaga jarak dengan kendaraan lain, dan gunakan engine brake untuk deselerasi. - DAIHATSU

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan teknik economic driving atau eco driving dinilai mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi tingkat polusi, sehingga lebih ramah lingkungan.

Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan terdapat banyak teknik dalam melakukan eco driving, seperti merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan, dan memanaskan mesin cukup satu menit.

"Selain itu bisa juga dengan berkendara sehalus mungkin, menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 km per jam dan rpm di putaran 2.000," ujar Sony dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Daihatsu dan GT Radial, beberapa waktu lalu.

Adapun, penerapan jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi, serta atur suhu AC ideal di kabin juga dapat mengoptimalkan kinerja bahan bakar kendaraan.

Sony menambahkan pengendara juga perlu mematikan mesin dan buka jendela saat menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit. Lakukan juga perawatan berkala, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

Zulpata Zainal, Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal, menuturkan pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung eco driving.

Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah, dan spek ini bisa ditemui pada ban Champiro Eco dari GT Radial.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan merawat ban karena saat berkendara komponen ini memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Eco Driving Pengendara Mobil Tip Berkendara
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top