Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Toyota Tunjuk Tommi Makinen sebagai Penasihat Motorsport

Tommi Makinen akan ditunjuk sebagai Penasihat Motorsport untuk Toyota Motor Corporation (Toyota) mulai Januari 2021, dengan tujuan untuk lebih memajukan produksi mobil yang lebih baik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 September 2020  |  11:58 WIB
Tommi Makinen, Direktur Pelaksana dan Pemilik Tommi Makinen Racing Oy.  - TMC
Tommi Makinen, Direktur Pelaksana dan Pemilik Tommi Makinen Racing Oy. - TMC

Bisnis.com, JAKARTA - Tommi Makinen akan ditunjuk sebagai Penasihat Motorsport untuk Toyota Motor Corporation (Toyota) mulai Januari 2021, dengan tujuan untuk lebih memajukan produksi mobil yang lebih baik.

Di balik penunjukan tersebut adalah kontribusi mengesankan Tommi Makinen pada penyalaan ulang supercharged operasi World Rally Toyota dari 2017.

Tommi Makinen dan tim profesionalnya di Tommi Mäkinen Racing Oy membantu Toyota mengembangkan mobil reli yang sangat kompetitif dan juga membangun tim, Toyota Gazoo Racing World Rally Team, untuk menjalankannya di level tertinggi reli dunia, FIA World Rally Championship.

Pada 2018, tahun kedua setelah mereka kembali, Toyota mendapatkan gelar juara dunia pabrikan, dan pada 2019 mereka memenangkan gelar juara dunia pembalap dan co-driver.

Dengan kepiawaiannya tersebut, Tommi Makinen diyakini mampu berkontribusi dalam bidang olahraga motor yang lebih luas, seperti pengembangan kendaraan GR, perencanaan strategis kegiatan motorsport, dan pengembangan bakat pengemudi. Menunjuknya sebagai penasihat olahraga otomotif, Toyota menantikan nasihatnya tentang perumusan strategi dan operasi organisasi.

Alhasil, proyek WRC yang dibangun oleh Tommi Makinen Racing Oy - Toyota Gazoo Racing WRT serta desain dan pengembangan World Rally Cars - akan dikelola langsung oleh Toyota. Mulai 2021, operasi WRC akan dijalankan oleh Toyota Gazoo Racing Europe GmbH, perusahaan grup Toyota yang bertanggung jawab atas fungsi inti olahraga motor Toyota di Eropa.

"Hanya setelah saya bertemu Tommi saya baru bisa memutuskan kembalinya Toyota ke WRC. Berkat dukungannya, kami bisa menang di WRC. Dan dengan memanfaatkan keahliannya, kami dapat menciptakan GR Yaris, sebuah mobil sport 4WD," ujar Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, dalam keterangan pers, Selasa (22/9/2020).

Sebagai penasihat olahraga motor, Tommi memberikan nasihat tentang cara memenangkan balapan, seperti yang telah dilakukannya. Tommi juga diharapkan memberikan berbagai nasihat sehingga Toyota dapat memproduksi mobil yang lebih baik.

Bahkan setelah penunjukan peran ini, fakta bahwa dia akan terus menjadi instruktur mengemudi saya tidak akan berubah. "Tommi, ayo kita berkendara bersama lagi!"

Toyota berencana untuk memanfaatkan resolusi Tommi Makinen, belajar dari pengetahuan pengembangan kendaraannya yang terdepan di dunia, yang dikembangkan di TMR, untuk menghubungkannya dengan pengembangan bisnis tertentu. Kami juga akan semakin memperkuat sistem kami, termasuk percepatan pelatihan praktis sumber daya manusia.

Meski demikian, TGR WRT tetap melanjutkan kegiatannya baik di Finlandia maupun Estonia seperti sebelumnya, dengan menggunakan sumber daya manusia yang ada dan beberapa fasilitas yang berasal dari TMR.

Tommi Makinen, Direktur Pelaksana dan Pemilik Tommi Makinen Racing Oy, mengatakan bahwa tujuan dari proyek Toyota WRC adalah untuk memulai kembali operasi reli dunia secara efektif dengan organisasi fleksibel yang hanya dapat dicapai oleh perusahaan kecil.

"Saya senang untuk mengatakan bahwa tujuan ini sekarang telah tercapai dan inilah saatnya bagi saya untuk beralih ke tantangan baru bersama Toyota. Saya ingin berterima kasih kepada Akio Toyoda karena telah mempercayai saya dengan proyek ini dan mendukung kami untuk mencapai tujuan yang kami tetapkan bersama."

Seperti yang direncanakan, Toyota memutuskan untuk mengakuisisi operasi WRC yang telah dibangun bersama. Selain itu, senang dengan cara Toyota menyediakan rumah dan masa depan bagi para ahli sebagai Toyota Gazoo Racing World Rally Team.

"Juga penting bagi saya bahwa operasi akan tetap di Jyvaskylä dan Tallinn, sementara Toyota Gazoo Racing Europe mengambil alih tim di bawah sayapnya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Mobil Balap
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top