Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Covid-19, PO Handoyo dan Hino Luncurkan Bus Social Distancing

PO asal Magelang, Jawa Tengah, ini menghadirkan bus social distancing dengan 27 kursi. Namun, konfigurasi kursinya berbeda dari bus pada umumnya. Bus ini menempatkan kursi 1-1-1 dengan dua lorong, sehingga dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 21 September 2020  |  21:18 WIB
Bus Hino Suite Class PO Handoyo.  - Hino
Bus Hino Suite Class PO Handoyo. - Hino

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Otobus (PO) Handoyo merilis satu unit armada Bus Social Distancing dan dua unit Bus Suitess Class. Ketiganya menggunakan mesin dan sasis Hino serta bodi Legacy SR-2 besutan karoseri Laksana.

Daniel Handoyo Wibowo, pemilik PO Handoyo mengatakan bahwa bus social distancing bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 di area moda transportasi publik.

"Bus social distancing ini merupakan bentuk peran serta kami dalam mencegah penyebaran Covid-19. Kesehatan penumpang menjadi prioritas nomor satu selama perjalanan," ujar Daniel dalam pernyataan resmi, Senin (21/9/2020).

PO asal Magelang, Jawa Tengah, ini menghadirkan bus social distancing dengan 27 kursi. Namun, konfigurasi kursinya berbeda dari bus pada umumnya. Bus ini menempatkan kursi 1-1-1 dengan dua lorong, sehingga dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Selain itu, bus ini juga memiliki jarak tempat duduk yang cukup besar antar penumpangnya. Hal tersebut membuat para penumpang semakin nyaman dan aman selama perjalanan.

Sementara itu, Suites Class Bus hadir dengan 21 tempat duduk dalam tingkat kemewahan dan kenyamanan dengan privasi tinggi. Tempat duduk dirancang senyaman mungkin, tampilan kursinya lebih lebar, terdapat sandaran kaki dan sandaran punggung yang bisa direbahkan hingga 150 derajat.

Dari sisi keamanannya, Suite Class dilengkapi sabuk pengaman dua titik. Bus ini dipastikan memberi rasa aman dan nyaman saat perjalanan jarak jauh karena penumpang memiliki ruang privasinya sendiri.

Bus social distancing ini mulai beroperasi setelah keluar dari Karoseri Laksana, di Ungaran, Jawa Tengah pada akhir Agustus lalu.

Harga tiket untuk bus social distancing mencapai Rp225.000 dengan rute antarkota Magelang - Jakarta (PP) melalui rute selatan. Adapun, harga tiket Suite Class menyentuh Rp350.000 dengan rute utara, yakni Magelang, Parakan dan Jakarta.

Bagi yang ingin mencoba bus ini pembelian tiket bisa melalui agen PO Handoyo atau online melalui Traveloka dan Redbus.com

Daniel mengungkapkan bahwa bus tersebut menggunakan sasis Hino R260. Bus ini memiliki spesifikasi mesin 7.684 cc 6 silinder segaris dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 260 ps. Untuk kapasitasnya, Hino Bus R260 mampu memuat penumpang hingga maksimal 60 kursi.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menyatakan bahwa produk bus Hino diplih oleh para pengusaha PO sebagai sarana transportasi karena memiliki speksifikasi yang mumpuni dan dapat diandalkan.

"Ini dibuktikan dengan data penjualan bus Hino selama Januari hingga Agustus 2020, Hino terus memimpin pangsa pasar penjualan sebanyak 57 persen atau terus menjadi market leader di Indonesia," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bus Hino Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top