Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Carry Pickup Melesat, Pangsa Pasar Suzuki Naik 2,6 Persen

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu meningkatkan pangsa pasar penjualan retail sebesar 2,6 persen sepanjang Januari hingga Agustus 2020. Raihan ini ditopang oleh penjualan New Carry Pick Up.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 18 September 2020  |  22:16 WIB
All-New Suzuki Carry Pick Up.  - suzuki.co.id
All-New Suzuki Carry Pick Up. - suzuki.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu meningkatkan pangsa pasar penjualan retail sebesar 2,6 persen sepanjang Januari hingga Agustus 2020. Raihan ini ditopang oleh penjualan New Carry Pick Up.

Pada periode tersebut, pangsa pasar penjualan ritel mobil Suzuki tercatat sebesar 12,42 persen, atau meningkat 2,6 poin persentase dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni 9,82 persen.

“Di tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19," ujar 4W Marketing Director SIS Donny Saputra, dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9/2020).

Donny menuturkan pertumbuhan pangsa pasar Suzuki didominasi oleh New Carry Pick Up yang berkontribusi 53 persen terhadap total kumulatif penjualan retail nasional Suzuki yang mencapai 45.227 unit sepanjang tahun berjalan.

Tidak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar New Carry Pick Up sepanjang Januari hingga Agustus 2020 tercatat sebesar 61 persen, naik 10 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

"Peningkatan pangsa pasar Suzuki di tahun 2020 yang dipimpin New Carry Pick Up ini membuktikan bahwa Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan dalam kondisi apa pun," ujarnya.

Sementara itu, pada Agustus 2020, New Carry Pick Up menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan retail sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66 persen.

Selain New Carry Pick Up, dua model Suzuki lainnya menjadi penyumbang terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail Suzuki dalam kurun Januari hingga Agustus 2020.

Pertama, All New Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15 persen. Kedua, Suzuki XL7 dengan catatan penjualan sebanyak 5.095 unit atau 11 persen. Adapun, Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020.

Pada Agustus 2020, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) melaporkan adanya pertumbuhan penjualan otomotif dengan penjualan sejumlah 37.655 unit untuk penjualan retail.

Di saat bersamaan, Suzuki berhasil mencatatkan kontribusi positif dengan pangsa pasar mencapai 14 persen atau sebanyak 5.259 unit penjualan retail.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suzuki Indomobil Sales Suzuki Carry Mobil Terlaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top