Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BMW Gandakan Kapasitas Produksi Baterai Tegangan Tinggi di China

BMW Group terus mendorong perluasan elektromobilitas dan menyesuaikan struktur produksinya dengan permintaan yang terus meningkat akan kendaraan yang sepenuhnya dan sebagian berlistrik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 September 2020  |  08:00 WIB
Pusat Baterai Tegangan Tinggi baru di China secara resmi dibuka Senin (14/9 - 2020). BMW
Pusat Baterai Tegangan Tinggi baru di China secara resmi dibuka Senin (14/9 - 2020). BMW

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Group terus mendorong perluasan elektromobilitas dan menyesuaikan struktur produksinya dengan permintaan yang terus meningkat akan kendaraan yang sepenuhnya dan sebagian berlistrik.

Di China, usaha patungan BMW Brilliance Automotive (BBA) telah memperluas pabrik baterainya di Tiexi, yang disebut Pusat Baterai Bertegangan Tinggi, dengan pusat baterai lebih lanjut yang segera mulai memproduksi baterai baru dan lebih bertenaga dari teknologi BMW eDrive generasi kelima yang digunakan pada BMW iX3 elektrik sepenuhnya.

Pusat Baterai Tegangan Tinggi baru secara resmi dibuka Senin (14/9/2020). Upacara resmi dihadiri oleh perwakilan tingkat tinggi dari pemerintah China dan BBA. Perwakilan BMW Group menghadiri acara tersebut secara virtual.

Milan Nedeljkovic, anggota Dewan Manajemen BMW AG, yang bertanggung jawab atas Produksi, mengatakan bahwa China sangat penting bagi BMW Group, baik sebagai pasar maupun sebagai lokasi produksi dan inovasi.

"Investasi kami menggarisbawahi komitmen kuat kami ke China dan Shenyang dalam jangka panjang. Dan investasi sedang berlangsung. Proyek perluasan pabrik Tiexi dan Dadong berjalan dengan baik. Dan kami sedang mempersiapkan pertumbuhan di masa depan. Dengan Pusat Baterai baru ini, kami melipatgandakan kapasitas produksi baterai kami di China," ujarnya.

Presiden BBA Johann Wieland menambahkan, “Perluasan Pusat Baterai Tegangan Tinggi adalah bukti nyata dari komitmen untuk terus berinvestasi di Shenyang, Liaoning, dan China timur laut. Ini juga menunjukkan tekad untuk mengambil peran terdepan dalam mobilitas berkelanjutan, saat kami meluncurkan BMW iX3 elektrik murni."

China adalah pasar tunggal terbesar BMW Group dan menentukan tempo untuk mobilitas elektronik di seluruh dunia. Dengan lima model elektrifikasi yang tersedia saat ini, BMW Group menawarkan kepada pelanggan China pilihan terluas di segmen premium. Sejauh ini, ada 75.000 model BMW berlistrik di jalanan China.

Produksi BMW iX3 listrik penuh baru akan dimulai di Pabrik BBA Dadong pada akhir September. Baterai bertegangan tinggi yang dibutuhkannya akan dipasok oleh pusat baterai baru terdekat. BMW X3 adalah model pertama yang tersedia dengan mesin bensin dan diesel yang sangat efisien yang menggabungkan teknologi hibrida ringan 48 volt, dengan kereta penggerak hibrida plug-in, atau sebagai model listrik murni.

GENERASI KELIMA

Baterai bertegangan tinggi untuk BMW eDrive generasi kelima dikembangkan dari nol dengan perintis teknologi sel baterai baru. Keluaran baterai tegangan tinggi dan kandungan energi dapat diskalakan secara fleksibel untuk digunakan dalam berbagai konsep dan segmen kendaraan.

BMW Group memiliki lebih dari sepuluh tahun keahlian dalam mengembangkan sel baterai. Semua pengetahuan mengalir ke spesifikasi yang tepat untuk sel baterai untuk kemudian diproduksi secara eksternal.

Upaya penelitian dan pengembangan sistematis tidak hanya terus meningkatkan kinerja dan kepadatan energi, tetapi juga dapat terus meningkatkan semua karakteristik sel baterai yang relevan. Mempertimbangkan semua aspek yang relevan secara keseluruhan, terutama ketahanan dan keselamatan, baterai tegangan tinggi BMW mewakili yang terbaik yang dapat dicapai saat ini.

Pada saat yang sama, generasi baterai terbaru juga telah mampu mengurangi jumlah kobalt yang digunakan sebagai bahan mentah hingga dua pertiganya. Dibandingkan dengan sel baterai yang banyak digunakan oleh BMW Group pada kendaraan listrik penuhnya di masa lalu, kepadatan energi gravimetri baterai telah ditingkatkan sekitar 20 persen pada level sel di BMW iX3.

BMW Group mengambil kobalt dan lithiumnya sendiri untuk pertama kalinya dan memasok bahan mentah ini ke produsen sel baterainya.

Sebagai pemimpin dalam keberlanjutan, BMW Group juga telah mencapai kesepakatan kontrak dengan produsen selnya bahwa mereka hanya akan menggunakan tenaga hijau untuk memproduksi sel baterai generasi kelima.

Di masa mendatang, baterai tegangan tinggi generasi kelima juga akan diproduksi di pabrik BMW Group Dingolfing

Pusat Baterai Tegangan Tinggi yang diperluas adalah lokasi pertama dalam jaringan produksi BMW Group yang memproduksi baterai tegangan tinggi generasi kelima. Pada saat yang sama, Pusat Kompetensi untuk Produksi E-Drive di Dingolfing juga bersiap untuk memproduksi baterai tegangan tinggi generasi kelima yang baru.

Ini akan dipasang di produk tambahan, seperti BMW iNEXT dan BMW i4, mulai tahun depan. Dengan memproduksi baterai bertegangan tinggi saat dibutuhkan, perusahaan dapat meminimalkan transportasi dan dengan demikian berkontribusi pada keberlanjutan.

Usaha patungan BBA Brilliance Automotive didirikan pada 2003 dan telah menjadi salah satu pabrikan mobil premium paling sukses di China dalam beberapa tahun terakhir, meliputi produksi dan penjualan mobil BMW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Pabrik Baterai BMW Brilliance Automotive
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top