Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hyundai Tucson Terbaru Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Hyundai Motor Company hari ini meluncurkan all-new Hyundai Tucson. Compact SUV (C-SUV) generasi keempat ini merupakan model global, dengan varian wheelbase panjang dan varian wheelbase pendek untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 15 September 2020  |  10:00 WIB
Tucson baru mulai dijual di Korea pada September sebagai model 2021. Ini akan mulai dijual di AS dan pasar global lainnya sebagai model 2022 yang dimulai dari paruh pertama 2021.  - Hyundai
Tucson baru mulai dijual di Korea pada September sebagai model 2021. Ini akan mulai dijual di AS dan pasar global lainnya sebagai model 2022 yang dimulai dari paruh pertama 2021. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor Company hari ini meluncurkan all-new Hyundai Tucson. Compact SUV (C-SUV) generasi keempat ini merupakan model global, dengan varian wheelbase panjang dan varian wheelbase pendek untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

All-new Tucson merupakan model penting bagi Hyundai karena paling populer dengan angka penjualan global lebih dari 7 juta unit sejak peluncuran pada 2004. Hyundai berharap model baru ini dapat menarik lebih banyak pelanggan dengan desain puncak, kelapangan, kemampuan digital terdepan di kelasnya, pengendaraan dan penanganan dinamis, serta efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

“Kami sangat senang memperkenalkan all-new Tucson, model terbaru dalam transformasi SUV Hyundai,” kata Thomas Schemera, Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Divisi Produk di Hyundai Motor Group, Selasa (15/9/2020). "Kendaraan ini menetapkan tolok ukur baru untuk inovasi di segmennya, yang menghadirkan perpaduan desain, teknologi, pengemasan, dan performa yang mengesankan."

Tucson baru mulai dijual di Korea pada September sebagai model 2021. Ini akan mulai dijual di AS dan pasar global lainnya sebagai model 2022 yang dimulai dari paruh pertama 2021.

Desain Eksterior

Gaya eksterior baru Tucson mengekspresikan identitas desain Sensuous Sportiness yang terus berkembang dari Hyundai. SUV baru ini mewujudkan apa yang oleh desainer Hyundai disebut sebagai 'dinamika parametrik' dengan detail permukaan permata kinetik yang menekankan identitas berbeda Tucson dalam segmen yang berbeda.

Tucson dirancang untuk menarik mereka yang merangkul integrasi teknologi dengan gaya hidup mereka; konsumen yang paham teknologi ini mengadopsi gadget terbaru untuk meningkatkan kehidupan mereka. Integrasi teknologi dan desain Tucson terlihat paling jelas dalam daytime running lights (DRL) tipe setengah cermin inovatif yang berasimilasi dalam kisi parametrik, hanya terlihat saat diterangi.

Profil samping Tucson memberikan kesan gerakan bertenaga. Kap panjang dan garis atap datar ditambah dengan jarak sumbu roda yang panjang dan overhang pendek mencerminkan karakter dinamis yang siap untuk apa pun. Sudut dan tepi geometris yang tajam menciptakan kontras yang mencolok antara siluet yang ramping dan garis baji yang maskulin. Garis krom yang dimulai dari kaca spion mengikuti lengkungan garis atap dengan peningkatan ketebalan secara bertahap dan secara visual mewakili kecepatan saat mencapai pilar C.

Tema desain kinetik hadir di bagian belakang di mana lampu belakang full-width menggabungkan bentuk segitiga setengah tersembunyi yang hanya terlihat saat menyala, menggemakan DRL di bagian depan. Untuk mencapai kemurnian tema desain ini, logo Hyundai digerakkan dan diintegrasikan ke dalam kaca sementara wiper juga bergerak ke atas dan bersembunyi di bawah spoiler belakang.

Model bensin Tucson menawarkan tujuh warna eksterior : White Cream, Phantom Black, Shimmering Silver, Nocturne Grey, Amazon Grey, Flame Red, dan Intense Blue, enam di antaranya baru untuk Tucson.

Adapun model hybrid dan plug-in hybrid menawarkan empat warna : White Cream, Phantom Black, Shimmering Silver, dan Intense Blue, tiga di antaranya baru untuk Tucson. Lingkungan interior SUV memiliki warna hitam atau abu-abu baik dari bahan kain atau kulit.

Interior

Interior Tucson atau Interspace menawarkan bentuk berlapis dan sensual yang memberikan rasa keterbukaan dan ketenangan. Ini adalah tempat di mana ruang, teknologi, dan informasi berbaur harmonis. Punggung dasbor lebar berpadu secara konsisten dengan pintu, membungkus penumpang depan seperti jurang yang dalam.

Fasia tengah yang terintegrasi penuh dan berorientasi vertikal turun ke konsol seperti air terjun. Garis hiasan perak kembar yang mengalir dari fasia tengah ke pintu belakang menyelaraskan bahan permukaan premium berlapis rapi dalam warna netral yang saling melengkapi. Pencahayaan suasana sekitar dapat disesuaikan hingga 64 warna dalam 10 tingkat kecerahan.

Interiornya menawarkan tiga teknologi baru, yakni layar sentuh ganda 10,25 inci yang ditumpuk secara vertikal tanpa tombol keras, sistem ventilasi multi-udara, dan cluster pengukur digital terbuka tanpa tudung. Fitur-fitur ini menciptakan suasana berteknologi tinggi, segar dan menarik, dengan bahan empuk pada area dengan sentuhan tinggi, berbagai aplikasi material berdasarkan frekuensi antarmuka, dan tampilan premium.

Kursi baris kedua Tucson akan menampilkan fungsi lipat-dan-menyelam untuk kemampuan konfigurasi ulang yang dioptimalkan antara penumpang dan kargo. Volume muatannya akan menyediakan ruang yang dapat digunakan sebesar 38,7 kaki kubik.

Sistem Penggerak

Tucson menawarkan powertrain bensin Smartstream 2.5 liter, injeksi langsung, empat silinder, dan mesin 1.6 liter, turbo, injeksi langsung, hybrid atau plug-in hybrid yang bertenaga. Mesin 2.5 liter memiliki perkiraan output 190 PS dan perkiraan peringkat torsi 182 lb.-ft. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan untuk efisiensi dan akselerasi yang sangat baik.

Sistem penggerak hibrida 1,6 liter menghasilkan sekitar 180 PS, dengan output powertrain gabungan 230 PS. Ini juga menghasilkan 195 lb.-ft. torsi dari mesin bensin dan 258 lb.-ft. torsi dari powertrain hibrida gabungan. Powertrain baru ini menggunakan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD) yang mengatur durasi pembukaan katup untuk daya, efisiensi, dan emisi yang optimal dengan kompromi yang diminimalkan.

Tucson dirancang untuk memberikan kelincahan dan stabilitas. Hyundai menerapkan teknologi E-Handling pertama di kelasnya untuk model HEV dan PHEV ini guna membantu meningkatkan respons kemudi dan stabilitas arah saat menikung atau dalam kondisi berkendara yang buruk. Pengemudi Tucson mendapatkan bantuan lebih lanjut dari sistem penggerak semua roda HTRAC Hyundai yang memberikan pijakan pasti di berbagai permukaan dan kondisi jalan. Sementara HTRAC sebelumnya mendukung mode mengemudi Eco / Comfort / Smart / Sport, versi terbaru menambahkan Lumpur, Pasir dan Salju di beberapa pasar.

Tucson menawarkan lebih banyak fitur keselamatan dari sebelumnya. Rangkaian fitur keselamatan Hyundai SmartSense mencakup: Highway Driving Assist (HDA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dengan deteksi pejalan kaki, Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot View Monitor, Blind-Spot Collision Warning (BCW), Surround View Monitor, Reverse Parking Collision-Avoidance Assist (RPCA), Remote Smart Parking Assist (RSPA), High Beam Assist (HBA), dan Driver Attention Warning (DAW). Tucson baru tersedia dengan fitur teknologi canggih termasuk Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dengan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) Advanced Smart Cruise Control (SCC) dengan Stop and Go dan Safe Exit Warning ( MENJAHIT).

Pengalaman Digital Terbaik

Pembeli SUV kompak berharap banyak dari kendaraan mereka. Untuk satu hal, mereka berharap untuk tetap terhubung ke mana pun kita pergi, dan Tucson menyediakan kemampuan ini. Tucson menawarkan pengalaman digital terbaik di kelasnya yang mendukung beragam kebutuhan pelanggan termasuk konektivitas.

Pertama-tama, Kunci Digital Hyundai adalah aplikasi yang mengubah ponsel cerdas pelanggan menjadi kunci pintar. Ini menggunakan Near Field Communication (NFC) untuk mendeteksi pengguna secara resmi, sehingga mereka dapat mengoperasikan kendaraan mereka tanpa ada kunci fisik. Pelanggan dapat mengunci dan membuka kunci kendaraan mereka, mengaktifkan peringatan panik, dan menyalakan mesin serta sistem kontrol iklimnya dari jarak hingga 90 kaki.

Layar sentuh penuh Tucson - rumah bagi navigasi, kontrol udara dan infotainmen - mendemonstrasikan bagaimana teknologi dapat diintegrasikan secara mulus untuk menyediakan antarmuka pengguna yang ergonomis dan intuitif, termasuk kontrol suara yang nyaman. Integrasi teknologi Tucson mencapai puncaknya dengan layar navigasi sentuh penuh model trim atas 10,25 inci. Sistem navigasi menawarkan fungsionalitas layar terpisah yang memungkinkan kemampuan multi-tugas, ditambah dengan pengenalan suara yang ditingkatkan.

Tucson menawarkan teknologi canggih yang berharga baik saat mengemudi ke tempat kerja atau saat bermain. Tucson menawarkan layar sentuh warna 8 inci dengan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto. Pelanggan dapat menghubungkan dua ponsel secara bersamaan. Bluetooth memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk bergantian di antara daftar putar mereka tanpa memutuskan dan menghubungkan kembali ponsel mereka masing-masing. Sistem audio BOSE Premium memberikan suara berkualitas tinggi. Berkat konektivitas yang ditingkatkan dengan perangkat pintar, pelanggan juga dapat memeriksa jadwal mereka dari dalam kendaraan bersama dengan aplikasi kalender eksternal dan mengatur janji temu mereka sebagai tujuan.

Fitur Mobil-ke-Rumah baru di Tucson memungkinkan pelanggan untuk mengontrol peralatan rumah tangga pintar dari mobil. Mereka dapat menyalakan AC di rumah sebelum kedatangan mereka pada hari-hari musim panas yang sangat panas dan lembap. Selain itu, fungsi Multi-Command baru Tucson memungkinkan pelanggan untuk "menghangatkan mobil" - termasuk sistem pemanas, roda kemudi berpemanas, dan penghangat kursi - dengan satu perintah suara.

Hyundai membandingkan ventilasi langsung dan tidak langsung Tucson dengan sistem canggih pada pesawat untuk memberikan kenyamanan mutakhir. Sistem iklim memantau kualitas udara dalam kendaraan dan memurnikan udara. Ini menunjukkan tingkat polusi udara waktu-nyata pada jendela tampilan Kontrol Suhu Otomatis Ganda menggunakan sensor deteksi debu halus. Tucson adalah model pertama yang menampilkan teknologi yang mengurangi kelembapan dari evaporator dan menjaga sistem AC tetap bersih dan bebas bau membantu menjaga lingkungan yang menyenangkan di dalam kendaraan. Fitur mobil-ke-rumah dan pemurnian udara tersedia di pasar tertentu.

Sistem pengenalan suara bahasa alami Tucson yang disempurnakan mencakup teknologi Speech-to-Meaning dan Deep Meaning Understanding. Di pasar tertentu, Blue Link gratis selama tiga tahun dan mencakup Remote Start dengan Kontrol Iklim, Remote Door Lock / Unlock, Pemulihan Kendaraan yang Dicuri, dan Pencarian Tujuan dengan Suara.

Tucson N Line Mendunia

Hyundai telah memperkenalkan lebih banyak varian N Line dari modelnya dalam beberapa bulan terakhir, memberikan titik masuk yang menarik untuk merek N berkinerja tinggi. Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan Tucson N Line di pasar Eropa. Untuk all-new Tucson, Hyundai berencana menawarkan N Line secara global dengan tanggal peluncuran yang akan diumumkan kemudian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Baru Hyundai Tucson
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top