Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Reborn Ban Pirelli Cinturato CN54

Popularitas mobil di masa lalu menjadi kekuatan sang onderdil untuk reborn. Salah satunya adalah Fiat 500, mobil ikon produk massal dari Italia, yang menarik Pirelli meluncurkan ban terbaru Cinturato CN54.
Ban Pirelli Cinturato CN54. /Pirelli
Ban Pirelli Cinturato CN54. /Pirelli

Bisnis.com, JAKARTA - Populasi model kendaraan yang besar selalu menjadi pasar menggiurkan bagi pabrikan suku cadang. Popularitas di masa lalu pun menjadi kekuatan sang onderdil untuk reborn. Salah satunya adalah Fiat 500, mobil ikon produk massal dari Italia, yang menarik Pirelli  meluncurkan ban terbaru Cinturato CN54.

Fiat 500 lahir pada 1957. Mobil berdimensi panjang hanya 2,95 meter ini dilengkapi mesin 479cc yang menghasilkan 13 tenaga kuda dan menghasilkan kecepatan tertinggi 85kph.

Ukuran bannya adalah 125/12 konvensional, yang menampilkan pola tapak Cisa atau Stelvio yang teruji dan tepercaya, ada pula desain Rolle yang tersedia untuk Fiat 600 yang lebih besar.

Rangkaian Fiat 500 terus berkembang selama bertahun-tahun, dari versi N asli hingga D yang dihadirkan pada 1960. Versi ini adalah mobil pertama yang mengadopsi Sempione 'Safety Shoulder' Pirelli, dengan fitur dinding samping yang lebih bundar untuk pengendalian jalan yang lebih baik melalui tikungan.

Fiat 500F keluar pada 1965, diikuti oleh L pada 1968, keduanya menggunakan ban Pirelli 12 inci. Ketika versi R diluncurkan pada 1972, kisaran Pirelli Cinturato cukup lebar sehingga runabout Fiat juga dapat dimiliki dengan pola tapak CN54 radial, dalam ukuran 125 R 12.

Ini adalah ban yang dibuat lagi oleh Pirelli untuk pemilik ikon klasik Italia ini. CN54 pada saat itu secara langsung berasal dari pengalaman reli, mempertahankan desain pola tapak CA67 klasik - yang membuat nama Cinturato terkenal di seluruh dunia, berkat struktur belted baru yang meningkatkan kenyamanan dan umur ban.

Kini, Pirelli meluncurkan kembali Cinturato CN54 terbaru untuk Fiat 500 yang ikonik, mobil yang melambangkan otomotif massal di Italia lebih dari yang lain. Sebagai gambaran, produksi Fiat 500 sepanjang 1957–1975 mencapai 3.893.294 unit

"Ban baru ini merupakan bagian dari Pirelli Collezione, keluarga ban yang didedikasikan untuk mobil dari 1950 hingga 1980," kata Pirelli dalam keterangan pers, Kamis (19/8/2020).

Cinturato CN54 menggabungkan tampilan klasik dengan teknologi modern, dengan tetap mempertahankan keaslian ban secara keseluruhan saat pertama kali dibuat.

Kisah Reborn Ban Pirelli Cinturato CN54

BAN TEKNOLOGI TINGGI

Cinturato CN54 terbaru hadir untuk semua versi berbeda dari Fiat 500 yang dibuat sejak 1957. Cinturato CN54 pertama kali hadir dalam ukuran 125 R 12 pada 1972.

Cinturato CN54 terbaru adalah ban radial dengan desain pola tapak dan dinding samping yang mirip dengan aslinya, tetapi dibuat dengan teknologi modern.

Ban Pirelli dari keluarga Collezione ini menggunakan senyawa kontemporer untuk meningkatkan cengkeraman dan penahan jalan yang lebih baik pada permukaan basah, menjamin keandalan dan standar keselamatan yang tinggi tanpa mengorbankan gaya aslinya.

Sepanjang program penelitian dan pengembangan ban, para insinyur Pirelli menggunakan parameter yang sama dengan yang digunakan oleh perancang kendaraan asli, untuk melengkapi pengaturan suspensi dan sasis mobil dengan sempurna saat masih baru.

Untuk mencapai hal ini, mereka merujuk pada bahan dan desain asli yang disimpan di arsip Pirelli Foundation di Milan.

PIRELLI COLLEZIONE, SEJARAH DI JALAN

Kisah Reborn Ban Pirelli Cinturato CN54

Pirelli Collezione terlahir untuk melestarikan sejarah otomotif melalui ban yang memiliki dua jalan, yakni mempertahankan tampilan dan nuansa berkendara dari versi aslinya; serta meningkatkan efisiensi dan keselamatan dengan teknologi modern dan proses produksi.

Rentangnya dimulai dengan Stella Bianca yang legendaris--pertama kali diluncurkan pada 1927, kemudian Stelvio yang dihidupkan kembali pada 2018 untuk secara eksklusif memasok mobil termahal di dunia Ferrari 250 GTO, serta CA67 (1955), CN72 (1964), CN36 (1968), CN12 (1968), Cinturato P7 (1974), P5 (1977), P Zero (1984), dan P700-Z (1988).

Selama proses pengembangan ban reborn ini, para insinyur Pirelli menggunakan parameter kendaraan yang sama dengan yang digunakan oleh perancang asli pada saat itu, tetapi memanfaatkan semua pengetahuan dan pengalaman dalam hal bahan dan proses produksi yang telah ada.

Hasilnya adalah perpaduan yang menarik antara performa, gaya, dan keaslian. Rencana, dan materi lain yang disediakan oleh arsip Pirelli Foundation adalah bagian fundamental dari proses ini.

Pirelli Foundation menyimpan semua dokumen yang berkaitan dengan desain, pengembangan, dan produksi setiap ban Pirelli yang mencakup sertifikat homologasi, desain cetakan, studi pola tapak dan hasil pengujian, serta daftar harga dan katalog.

Ban Pirelli Collezione tersedia dari dealer khusus ban mobil klasik, seperti Longstone Tyres, serta dari toko P Zero World unggulan Pirelli di Los Angeles, Munich, Monaco, Dubai, dan Melbourne.

PIRELLI CINTURATO: KISAH SEJAK 1950-an

Kisah Reborn Ban Pirelli Cinturato CN54

Tujuh puluh tahun yang lalu, para insinyur Pirelli mencoba prototipe pertama dari ban inovatif yang melahirkan seluruh keluarga. Pada saat itu, itu belum disebut Cinturato, tetapi menyembunyikan revolusi industri asli di bawah pola tapak.

Sepanjang sejarah pembuatan ban, hanya ada sedikit perubahan yang benar-benar radikal, namun salah satunya adalah pengenalan ban radial yang dikembangkan Pirelli dengan menggunakan bahan tekstil dan logam.

"Ban baru yang luar biasa dengan sabuk pengaman di dalamnya," seperti dijelaskan Cinturato dari Departemen Pemasaran Pirelli pada saat itu.

Sejak awal, ban '367' dipilih oleh sejumlah pabrikan, seperti Lancia, tetapi evolusi berikutnya dari ban terkenal ini memperkenalkan Cinturato ke mobil yang paling diminati di dunia.

Dengan diperkenalkannya cover Cinturato CA67, CN72 dan CN73, Pirelli menemukan konsep ban sport untuk jalan raya - yang dibutuhkan untuk memberikan cengkeraman sebanyak mungkin untuk supercar yang terdepan seperti Ferrari 250 GT dan 400 Superamerica, Lamborghini 400GT dan Miura, Maserati 4000, dan 5000.

Pada pertengahan 1970-an, revolusi besar berikutnya dalam keluarga Cinturato telah membuat kehadirannya terasa. Dibuat untuk reli secara umum dan Lancia Stratos pada khususnya, Cinturato P7 pertama berisi inovasi terobosan seperti sabuk nilon derajat nol dan yang terpenting profil ultra-rendah.

Mobil pertama yang mengadopsinya di jalan raya adalah Porsche 911 Carrera Turbo, Lamborghini Countach dan De Tomaso Pantera. P7 dengan cepat diikuti oleh P6: ban yang kurang sportif tetapi dengan berbagai aplikasi potensial yang lebih luas.

Lalu ada P5, yang dibuat khusus untuk Jaguar, yang meminta Pirelli untuk memberikan ban paling senyap dengan kenyamanan berkendara maksimal.

Pada 1980-an, P600 dan P700 lahir, penerus P6 dan P7 masing-masing. Ini difokuskan pada peningkatan keselamatan, seperti pegangan basah dan menikung.

Pada saat 1990-an tiba, P6000 dan P7000 sudah ada di pasaran, meningkatkan keselamatan dan kinerja lebih jauh.
Sementara itu, para insinyur Pirelli telah mengerjakan revolusi lain, untuk melengkapi mobil reli Lancia S4 yang perkasa. Binatang buas ini membutuhkan ban yang dipesan lebih dahulu untuk mengatasi kekuatan brutal yang dapat dihasilkannya, dan lahirlah P Zero. Tapi itu cerita lain.

Pada 2009, nama Cinturato P7 muncul kembali, dengan menonjolkan kemampuannya untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi berbahaya, penggunaan bahan ekologis, serta penanganan dan pengereman yang lebih baik.

Keluarga ini tumbuh dengan diperkenalkannya versi Musim Dingin dan Semua Musim, yang tetap menjadi bagian dari rangkaian saat ini dan telah mengumpulkan lebih dari 400 homologasi.

Ini menunjukkan betapa Cinturato P7 selalu menjadi favorit para pembuat mobil, berkat kemampuannya mengikuti tren otomotif terkini.

Cinturato P7 telah mengikuti semua inovasi yang mengubah permainan yang diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir: elektronik canggih, sistem bantuan pengemudi, mobil hibrida dan listrik.

Hari ini, Cinturato P7 baru dibangun di atas warisan ini dan diluncurkan dengan 60 homologasi pada namanya. Lebih dari sebelumnya, ini menunjukkan dua prinsip panduan yang telah membentuk perkembangannya dari 1950-an hingga sekarang: keselamatan dan efisiensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper