Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ioniq Jadi Merek Mobil Listrik Hyundai, Tiga Model Akan Meluncur

Hyundai Motor Company mengumumkan merek Ioniq, yang didedikasikan untuk kendaraan listrik baterai, membuka babak baru sebagai pemimpin di era mobilitas listrik. Dalam 4 tahun mendatang, tiga model inovatif akan dirilis.
Hyundai merayakan peluncuran Ioniq dengan mengubah London Eye menjadi huruf raksasa Q menggunakan lampu listrik sebelum atraksi terkenal tersebut resmi dibuka kembali. /Hyundai
Hyundai merayakan peluncuran Ioniq dengan mengubah London Eye menjadi huruf raksasa Q menggunakan lampu listrik sebelum atraksi terkenal tersebut resmi dibuka kembali. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor Company mengumumkan merek Ioniq, yang didedikasikan untuk kendaraan listrik baterai, membuka babak baru sebagai pemimpin di era mobilitas listrik. Dalam 4 tahun mendatang, tiga model inovatif akan dirilis.

Di bawah merek Ioniq, Hyundai akan menawarkan pengalaman EV yang berpusat pada solusi gaya hidup terhubung sejalan dengan visi Hyundai tentang Kemajuan untuk Kemanusiaan.

Di bawah merek Ioniq, Hyundai Motor akan memanfaatkan pengetahuan manufakturnya yang terkemuka di industri EV untuk memperkenalkan tiga model khusus baru selama 4 tahun mendatang dengan model lebih inovatif. Penciptaan merek Ioniq merupakan tanggapan atas permintaan pasar yang berkembang pesat dan mempercepat rencana Hyundai untuk memimpin pasar EV global.

Untuk memenuhi misi merek Ioniq, Hyundai akan menggabungkan kemampuan EV-nya saat ini - seperti pengisian daya ultra cepat, interior yang luas, dan daya yang dipasok baterai - dengan inovasi masa depan yang menggabungkan desain, teknologi, dan layanan untuk mengintegrasikan di dalam mobil dan di luar mobil, seperti pengalaman perjalanan.

"Merek Ioniq akan mengubah paradigma pengalaman pelanggan EV," kata Wonhong Cho, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pemasaran Global di Hyundai Motor Company. “Dengan penekanan baru pada kehidupan yang terhubung, kami akan menawarkan pengalaman berlistrik yang merupakan bagian integral dari gaya hidup ramah lingkungan.”

Kelahiran Kembali Ioniq

Hyundai pertama kali memperkenalkan istilah Ioniq, yang menggabungkan "ion" dan "unique", ketika mengumumkan Proyek Ioniq, sebuah proyek penelitian dan pengembangan jangka panjang yang berfokus pada mobilitas ramah lingkungan.
Berdasarkan proyek tersebut, Hyundai pada 2016 memperkenalkan kendaraan bernama Ioniq, model pertama dan satu-satunya di dunia yang menawarkan pilihan tiga opsi powertrain listrik - listrik hibrida, hibrida plug-in, dan listrik baterai - dalam satu tipe bodi.

Sekarang, Ioniq mewakili komitmen Hyundai yang terus berkembang terhadap keberlanjutan dan inovasi dan akan berperan penting dalam mencapai tujuan mobilitas bersih perusahaan.

Merek Ioniq diciptakan untuk menggabungkan mobilitas yang mengubah kehidupan dengan kinerja lingkungan dan sejauh ini berperan penting dalam memberikan kemajuan yang dialiri listrik. Ioniq akan terus menciptakan keseimbangan baru dalam mobilitas bersih yang menyelaraskan eko-produk dalam ekosistem solusi gaya hidup yang membawa kehidupan terhubung ke generasi baru.

Angka Genap-Ganjil

Hyundai akan meluncurkan berbagai EV bernama numerik di bawah merek baru, dengan angka genap digunakan untuk sedan dan angka ganjil untuk SUV.

Model pertama dengan merek Ioniq adalah Ioniq 5 midsize CUV yang akan diluncurkan pada awal 2021. Ioniq 5 didasarkan pada konsep EV 45, yang diluncurkan Hyundai di International Motor Show (IAA) 2019 di Frankfurt sebagai penghargaan kepada mobil konsep pertamanya.

Desainer Ioniq 5 mengambil inspirasi dari masa lalu dan mengintegrasikannya dengan piksel parametrik mutakhir, elemen desain unik yang akan terus diterapkan oleh desainer Hyundai ke dalam model Ioniq.

Pada 2022, Hyundai akan memperkenalkan sedan Ioniq 6, yang didasarkan pada konsep terbaru perusahaan EV Prophecy, yang diluncurkan pada Maret; diikuti oleh Ioniq 7, SUV besar di awal 2024. Desain eksterior ikonik Prophecy dicirikan oleh siluet aerodinamis dengan proporsi yang sempurna.

Demikian pula, desain kendaraan Ioniq akan memiliki tema umum Nilai Abadi. Kendaraan akan terinspirasi oleh model masa lalu, tetapi akan menjadi jembatan menuju masa depan.

Platform E-GMP

Model merek Ioniq akan ditempatkan di Platform Modular Global Listrik, yang dikenal sebagai E-GMP, yang akan memungkinkan kemampuan pengisian cepat dan jarak tempuh yang melimpah.

Platform khusus EV akan memungkinkan Hyundai menata ulang interior kendaraan sebagai "ruang hidup cerdas" dengan kursi yang dapat disesuaikan, konektivitas nirkabel, dan fitur unik seperti kotak sarung tangan yang dirancang sebagai laci.

Pergeseran paradigma platform akan meluas ke antarmuka pengguna yang sederhana, intuitif, dan dirancang secara ergonomis untuk membantu penghuni merasa nyaman.

Strategi 2025

Hyundai Motor Group baru-baru ini mengumumkan bahwa grup tersebut bertujuan untuk menjual 1 juta unit kendaraan listrik baterai dan mengambil 10 persen saham untuk menjadi pemimpin di bidang EV global pada tahun 2025.

Di bawah Strategi 2025, Hyundai Motor Company berambisi menjadi produsen mobil ramah lingkungan terbesar ketiga di dunia pada tahun 2025, dengan penjualan 560.000 BEV sebagai tambahan dari penjualan FCEV.

Peluncuran merek Ioniq yang didedikasikan untuk model EV memperkuat komitmen perusahaan terhadap mobilitas bersih dan mencerminkan transformasi berkelanjutannya sebagai Penyedia Solusi Mobilitas Cerdas dengan solusi nol emisi.

London Eye

Hyundai merayakan peluncuran Ioniq dengan mengubah London Eye menjadi huruf raksasa "Q" menggunakan lampu listrik sebelum atraksi terkenal tersebut resmi dibuka kembali.

Ini menandai acara pertama kampanye merek 'Saya yang Bertanggung Jawab', yang mempromosikan pemberdayaan lingkungan dan gaya hidup yang beragam melalui Ioniq.

Dengan kota London yang semarak terhenti selama pandemi Covid-19, Hyundai membawa energi baru ke kota dengan menyalakan dan mengubah salah satu pemandangan paling ikonik sekali lagi.

Dengan mengumumkan kedatangan Ioniq, instalasi ringan Hyundai menandai era baru mobilitas listrik yang menempatkan pelanggan di pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper