Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitsubishi, dkk. Uji Coba Mobil Listrik Pembangkit Setrum (V2G)

Sebanyak 30 perusahaan, termasuk Mitsubishi Motor, melakukan uji coba kendaraan listrik sebagai sumber daya setrum (vehicle to grid).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  12:58 WIB
Mobil listrik tidak hanya menyedot setrum, tetapi juga bisa membagikan setrum untuk kebutuhan sehari-hari.  - Nissan
Mobil listrik tidak hanya menyedot setrum, tetapi juga bisa membagikan setrum untuk kebutuhan sehari-hari. - Nissan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 30 perusahaan, termasuk Mitsubishi Motor, melakukan uji coba kendaraan listrik sebagai sumber daya setrum (vehicle to grid).

Ke 30 perusahaan itu di antaranya Tokyo Electric Power Company Holdings, Inc., Tepco Energy Partner, Inc., Tepco Power Grid, Inc., Mitsubishi Motors Corporation, Hitachi Systems Power Services, Ltd., dan Shizuoka Gas Co., Ltd.

"Kami menginformasikan bahwa hari ini, 6 Agustus 2020, operasi uji coba fasilitas demonstrasi yang dibangun untuk mendemonstrasikan aplikasi komersial V2G yang memanfaatkan kendaraan listrik telah dimulai sebagai sumber daya energi," ungkap Mitsubishi Motors dalam keterangan pers, Jumat (7/8/2020).

Percobaan itu bertujuan untuk menunjukkan bagaimana electric vehicle atau plug in electric vehicle (EV/PHEV) dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya virtual power plant untuk memungkinkan penyeimbangan ekspansi berkelanjutan sumber energi terbarukan (RES) dengan stabilisasi jaringan listrik.

Dengan fokus pada FY2021, saat ini uji coba masuk tahap pemeriksaan konstruksi dan komersialisasi sistem V2G yang dapat menyesuaikan permintaan / pasokan daya melalui dua arah dengan baterai penyimpanan EV / PHEV.

Proyek percontohan ini dimulai pada tahun fiskal 2018 oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, dan saat ini masuk tahun ketiga.

Pada tahun pertama, proyek pengembangan mencakup pembangunan lingkungan demonstrasi untuk mengonfirmasi bahwa transfer daya dua arah dapat dilakukan antara EV / PHEV dan jaringan listrik.

Seperti diumumkan pada 26 Februari 2019, sistem tersebut dapat berkontribusi pada stabilitas jaringan listrik.

Pada tahun kedua, proyek menambahkan sekitar 40 EV / PHEV menjadi 59 kendaraan dan membangun salah satu lingkungan percobaan terbesar di Jepang. Lebih lanjut, mengingat kebutuhan mobilitas EV / PHEV, proyek mengaktifkan kontrol simultan untuk EV / PHEV yang diparkir di lokasi demonstrasi melalui sistem online.

Ke depan kami akan terus mempertimbangkan model bisnis V2G sambil memeriksa penyempurnaan kontrol V2G sesuai dengan model bisnis, seperti memeriksa metode untuk mencadangkan kebutuhan mobilitas mendadak, seperti fluktuasi jumlah kendaraan."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik pembangkit listrik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top