Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semester I/2020, Penjualan Mobil di Uni Eropa Turun 38,1%

Pendaftaran mobil penumpang baru di Uni Eropa pada Juni turun 22,3 persen menjadi 949.722 unit. Adapun sepanjang semester pertama tahun ini, penjualan mengalami penurunan 38,1 persen, berdasarkan data European Automobile Manufacturers Association (ACEA).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  07:00 WIB
Dua karyawan Volkswagen di pabrik Zwickau memasang lampu depan pada ID.3. Pabrik ini beroperasi kembali sejak 27 April 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pemakaian penutup mulut/hidung di tempat kerja dengan jarak antarpekerja kurang dari 1,5 meter.
Dua karyawan Volkswagen di pabrik Zwickau memasang lampu depan pada ID.3. Pabrik ini beroperasi kembali sejak 27 April 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pemakaian penutup mulut/hidung di tempat kerja dengan jarak antarpekerja kurang dari 1,5 meter.

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran mobil penumpang baru di Uni Eropa pada Juni turun 22,3 persen menjadi 949.722 unit. Adapun sepanjang semester pertama tahun ini, penjualan mengalami penurunan 38,1 persen.

Berdasarkan publikasi European Automobile Manufacturers Association (ACEA), penjualan mobil penumpang di Uni Eropa menunjukkan perbaikan pada bulan terakhir di semester pertama setelah pada Mei 2020 mengalami penurunan 52,3 persen.

"Meskipun dealer dibuka untuk bisnis lagi setelah langkah penguncian dicabut, permintaan konsumen tidak sepenuhnya pulih bulan lalu," demikian ACEA dalam publikasinya, Kamis (16/7/2020).

Semua pasar Uni Eropa terus mencatat penurunan signifikan pada Juni, kecuali Prancis. Sejumlah pasar mobil utama tercatat menderita penurunan signifikan, seperti Spanyol (-36,7 persen), Jerman (-32,3 persen) dan Italia (-23,1 persen).

Adapun Prancis justru mencatatkan pertumbuhan (+1,2 persen). Hal ini sejalan dengan adanya sejumlah insentif baru untuk merangsang penjualan kendaraan rendah emisi yang diperkenalkan oleh pemerintah Prancis pada awal Juni.

Selama paruh pertama 2020, permintaan UE untuk mobil penumpang baru berkontraksi 38,1%, sebagai dampak penurunan empat bulan berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh wilayah.

Di antara empat pasar UE utama, Spanyol melihat penurunan terbesar (-50,9 persen) sepanjang tahun ini, diikuti oleh Italia (-46,1 persen), Prancis (-38,6 persen) dan Jerman (-34,5 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penjualan Mobil Global Uni Eropa
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top