Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sitech dan Brose Bentuk Patungan Pemasok Kursi Mobil

Volkswagen AG dan pemasok otomotif Brose berencana membuat usaha patungan untuk menggarap pasokan kursi, struktur kursi, dan komponen kursi. Anak perusahaan Volkswagen SITECH akan menjadi bagian dari usaha patungan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  06:20 WIB
Brose dan Sitech. /Volkswagen
Brose dan Sitech. /Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen AG dan pemasok otomotif Brose berencana membuat usaha patungan untuk menggarap pasokan kursi, struktur kursi, dan komponen kursi. Anak perusahaan Volkswagen Sitech akan menjadi bagian dari usaha patungan.

Brose akan memiliki 50 persen saham di perusahaan. Volkswagen AG dan Brose Group masing-masing akan memiliki setengah dari perusahaan. Perwakilan kedua perusahaan menandatangani nota kesepahaman yang mencakup usaha patungan hari ini di Coburg.

Thomas Schmall, Ketua Dewan Manajemen Merek Komponen Grup Volkswagen, mengatakan bahwa e-mobilitas dan mengemudi secara otonom menciptakan tantangan baru bagi pembuat mobil, termasuk di bidang pembuatan kursi.

Interior masa depan akan menjadi lingkungan yang baru didefinisikan di mana fleksibilitas dan personalisasi akan sama pentingnya dengan kenyamanan dan keselamatan.

"Perusahaan patungan baru akan dapat dengan sempurna memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagai bagian dari usaha patungan baru, SITECH akan menjadi pemain global," katanya dalam keterangan pers, Senin (13/7/2020)

Ulrich Schrickel, CEO Brose Group, menambahkan: “Brose adalah penyedia terkemuka struktur kursi. Kami dapat menawarkan keahlian selama bertahun-tahun di bidang penyesuaian dan komponen kenyamanan, baik manual maupun listrik, ke perusahaan patungan."

Brose juga memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk secara cerdas menghubungkan interior kendaraan dengan menghubungkan produk mekatronika dengan sensor dan perangkat lunak.

SITECH, di sisi lain, adalah pengembang sistem kursi yang lengkap dan unggul dalam produksi dan logistik. Dalam usaha patungan, kami dapat bekerja sama dan menyediakan solusi interior bagi pelanggan untuk masa depan.

Daniela Cavallo, Wakil Ketua Dewan Kelompok Kerja di Volkswagen AG dan anggota Dewan Pengawas Sitech, mengatakan bahwa Dewan Pekerjaan telah menyetujui sejumlah langkah yang dirancang untuk melindungi kepentingan pekerja di pabrik Jerman di Sitech Sitztechnik GmbH.

Perlindungan itu termasuk jaminan pekerjaan yang berjalan hingga 2029, tujuan pemanfaatan pabrik bersama, dan perlindungan hak penentuan bersama yang kuat dari karyawan di lokasi Sitech di Jerman untuk usaha patungan.

"Kami telah mengenal mitra masa depan kami Brose sebagai perusahaan yang dikelola keluarga yang inovatif, seperti halnya kami di Volkswagen, jelas berfokus pada teknologi dan masa depan jangka panjang."

Usaha patungan dengan Brose akan memperkuat kedua belah pihak dan memposisikan unit baru untuk kesuksesan masa depan. Kekuatan gabungan baru ini akan menciptakan dasar bagi perusahaan dan keamanan kerja yang sangat kompetitif.

Michael Stoschek, Ketua Brose Group, mengatakan: "Pemilik Brose sangat percaya pada kemampuan dan potensi usaha patungan. Inilah mengapa kami dengan suara bulat memutuskan untuk melanjutkan negosiasi tentang aliansi."

Dia yakin Volkswagen dan Brose akan meletakkan fondasi yang kuat untuk usaha patungan, perusahaan yang akan mengambil posisi terdepan dalam pasar yang sangat kompetitif untuk kursi kendaraan. Sebagai mitra kompetitif, usaha patungan akan memasok Grup Volkswagen dan berangkat untuk memenangkan kontrak dari produsen mobil lain.

Volkswagen dan Brose akan meninjau transaksi sebagai bagian dari proses uji tuntas dan menyelesaikan negosiasi perjanjian selama beberapa bulan ke depan. Perjanjian ini dijadwalkan akan ditandatangani pada akhir tahun. Ulasan antimonopoli akan mengikuti.

Grup SITECH

Grup SITECH memiliki lebih dari 5.000 karyawan yang memproduksi komponen carets dan struktur tempat duduk di enam pabrik di Jerman, Polandia dan China. Kursi dan komponen dipasok langsung ke jalur produksi.

Lebih dari 200 insinyur juga terlibat dalam pengembangan produk baru. Pekerjaan para insinyur ini mencakup seluruh spektrum pengembangan: dari pra-pengembangan hingga pembuatan prototipe dan dukungan produksi massal. Sitech Sitztechnik GmbH adalah anak perusahaan dari Volkswagen AG.

Brose

Brose adalah pemasok otomotif keluarga terbesar keempat di dunia. Perusahaan ini mengembangkan dan memproduksi sistem mekatronik untuk pintu dan kursi kendaraan serta motor listrik, penggerak dan elektronik untuk kemudi, rem, transmisi, dan pendinginan engine. Sekitar 25.000 karyawan di 65 lokasi di 24 negara menghasilkan omzet 6,2 miliar euro pada 2019.

Sekitar 8.000 karyawan di 24 lokasi di 12 negara mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan struktur dan komponen kursi di seluruh dunia. Divisi bisnis Interior mempekerjakan 650 insinyur dan teknisi di Eropa, AS dan China, yang bekerja pada sistem kursi dan pengatur untuk interior kendaraan. Pelanggan termasuk lebih dari 50 produsen mobil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volkswagen AG Onderdil Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top