Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hyundai Santa Fe, Mesin Baru Efisien Bahan Bakar

Hyundai telah meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Santa Fe terbaru, yang dibekali penggerak baru, mesin Smartstream T-GDi 1,6-liter yang dipadukan dengan motor listrik 44,2 kW dan baterai polimer lithium-ion 1,49 kWh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Juli 2020  |  22:45 WIB
Hyundai Santa Fe. - Hyundai
Hyundai Santa Fe. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai telah meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Santa Fe terbaru, yang dibekali penggerak baru, mesin Smartstream T-GDi 1,6-liter yang dipadukan dengan motor listrik 44,2 kW dan baterai polimer lithium-ion 1,49 kWh.

Santa Fe hybrid itu tersedia dalam varian penggerak dua roda maupun empat roda, dan berkat penggerak barunya itu, ia menghasilkan tenaga maksimum gabungan 230 PS dan torsi 350 Nm yang menawarkan emisi rendah tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara.

Mengutip penjelasan resmi Hyundai hari ini, mesin Smartstream T-GDi 1.6-liter yang baru ini juga merupakan mesin pertama yang memanfaatkan teknologi Durable Variable Valve Duration (CVVD) baru dan fitur Resirkulasi Gas Buang Tekanan Rendah (LP. EGR) untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

CVVC mengatur durasi pembukaan dan penutupan katup sesuai dengan kondisi mengemudi, mencapai peningkatan kinerja dan peningkatan efisiensi bahan bakar dan emisi.

LP EGR mengembalikan sebagian gas yang dibakar oleh mesin ke ruang bakar, menghasilkan efek pendinginan dan mengurangi emisi nitrogen oksida. Mesin 1.6 T-GDi juga dilengkapi sistem tekanan rendah yang mengalihkan gas emisi yang terbakar ke bagian depan kompresor turbocharger, daripada sistem intake, untuk meningkatkan efisiensi dalam kondisi beban tinggi.

Sebagai alternatif, Hyundai Santa Fe baru juga tersedia dalam varian bermesin diesel 2.2 liter Smartstream baru, yang telah diperbarui untuk mencapai peningkatan efisiensi dan kinerja bahan bakar.

Dibandingkan dengan generasi mesin sebelumnya, blok mesin baru terdiri dari aluminium, bukan besi, yang mengarah ke pengurangan berat 19,5 kg. Berbagai bagian mesin telah diperbaiki, termasuk misalnya camshaft, untuk mengurangi gesekan internal dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan.

Selain itu, mesin ini telah dilengkapi dengan sistem injeksi 2.200 bar baru (dibandingkan dengan sistem injeksi 2.000 bar pada mesin sebelumnya), meningkatkan kinerja mesin secara keseluruhan. Mesin empat silinder menghasilkan 202 PS dan torsi 440 Nm dan tersedia dengan penggerak dua roda atau empat roda.

Dua pilihan mesin baru itu oleh Hyundai dikombinasikan dengan transmisi kopling ganda basah 8-percepatan (8DCT), juga baru dikembangkan Hyundai, menawarkan karakteristik pemindahan gigi otomatis konvensional dengan mulus sembari meningkatkan efisiensi dibanding transmisi kopling ganda kering.

Dibandingkan dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan, kapasitas torsi maksimum meningkat sebesar 58 persen berkat kinerja pendinginan kopling yang optimal, dicapai melalui pompa oli listrik khusus untuk pelumasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mobil Baru Hyundai Santa Fe

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top