Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Evolusi 20 Tahun Hyundai Santa Fe

Meluncur pertama kali pada 2020, Hyundai Santa Fe merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun ini. Sepanjang itu pula model sport utility vehicle (SUV) ini telah menjalani empat tangga evolusi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  20:20 WIB
Hyundai Santa Fe. Rincian lebih lanjut tentang peningkatan generasi keempat akan terungkap dalam waktu dekat.  - Hyundai
Hyundai Santa Fe. Rincian lebih lanjut tentang peningkatan generasi keempat akan terungkap dalam waktu dekat. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Meluncur pertama kali ke pasar pada 2020, Hyundai Santa Fe merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun ini. Sepanjang itu pula model sport utility vehicle (SUV) ini telah menjalani empat tangga evolusi.

Hadirnya Santa Fe generasi pertamanya pada 2020 telah menorehkan sejarah bagi Hyundai sebagai salah satu merek pabrikan pelopor di pasar SUV. Sekarang, ketika merayakan ulang tahun ke-20, Santa Fe telah menjadi ikon untuk merek Hyundai.

Setelah memasuki dealer pada 2001, Santa Fe adalah model Hyundai yang paling lama berjalan di Eropa. Sekarang di generasi keempat, Santa Fe telah mengalami evolusi signifikan dalam desain, keamanan, dan teknologinya selama bertahun-tahun, sering memimpin sebagai unggulan untuk fitur baru.

Setelah diluncurkan 2 dekade tahun lalu, Santa Fe dengan cepat menjadi salah satu model paling populer di Hyundai. Dinamai sebuah kota di AS barat daya, Santa Fe adalah SUV pertama Hyundai, dan memainkan peran penting Hyundai di segmen SUV. Santa Fe adalah model yang tak biasa Hyundai.

Ia memiliki logo sendiri yang menunjukkan nama model dan matahari, sementara namanya telah dibawa ke generasi mendatang, melanjutkan warisannya. Selama 20 tahun terakhir, Hyundai telah menjual lebih dari 5.260.000 unit Santa Fe secara global.

"Santa Fe adalah SUV pertama Hyundai, dan ini adalah salah satu dari model kami yang paling lama berjalan, menjadikannya model utama tidak hanya secara global, tetapi juga di Eropa," kata Andreas-Christoph Hofmann, Wakil Presiden Pemasaran & Produk di Hyundai Motor Eropa, dalam keterangan pers yang dikutip, Rabu (20/5/2020).

Di musim panas ini, Hyundai pun akan meluncurkan versi yang disempurnakan dari generasi saat ini dengan powertrain listrik baru dan pembaruan desain utama. Dengan evolusi terbaru ini, Santa Fe mempertahankan statusnya sebagai model andalan dalam portofolio SUV yang luas, dan lebih lanjut menggarisbawahi warisan Hyundai sembari memajukan permainan dengan inovasi dan elektrifikasi.

Santa Fe generasi pertama (2000-2006) : best-seller.

Hyundai memperkenalkan Santa Fe kepada pemirsa Eropa untuk pertama kalinya di Geneva Motor Show 2000. Sementara generasi berikutnya menjadi semakin mahal dari waktu ke waktu, Santa Fe pertama sangat praktis dan dihargai karena fungsionalitas dan keandalannya. Pada 2001, tidak lama setelah model pertama diproduksi, Hyundai harus meningkatkan produksinya karena banyaknya permintaan di AS.

Generasi pertama Santa Fe menampilkan tampilan menonjol, namun halus dan jauh lebih panjang dan lebih luas ketimbang para pesaingnya di segmen ini, dan menekankan kepraktisannya untuk berkendara off-road. Interior yang luas menawarkan ruang yang cukup untuk hingga lima penumpang, serta ruang kargo luas. Fitur kenyamanannya, termasuk AC, pemutar CD, serta jendela listrik, cermin, dan sunroof, sangat lengkap untuk saat itu.

Pada 2003, sebagai tanggapan atas permintaan pelanggan untuk kinerja mengemudi yang lebih baik, Hyundai meningkatkan Santa Fe dengan mesin yang lebih kuat dan sistem penggerak empat roda yang dikendalikan komputer.

Santa Fe generasi kedua (2006-2012) : lebih banyak daya, lebih banyak ruang, dan sistem keamanan yang diperbarui.

Santa Fe generasi kedua diluncurkan di North American International Motor Show pada Januari 2006. Mobil ini menampilkan mesin 2.2 liter diesel baru dan V6 2.7-liter bensin bertenaga yang diperbarui sambil menawarkan penanganan yang lebih baik dan mesin yang lebih sportif untuk melengkapi pelanggan untuk berbagai kondisi mengemudi dan cuaca.

Pada pertengahan 2000-an, desain menjadi semakin penting bagi pelanggan. Oleh karena itu, model penerus Santa Fe menampilkan perubahan signifikan di luar dan di dalam kendaraan. Eksteriornya menawarkan gril depan yang tegas, garis pahatan yang percaya diri, dan lampu depan yang detail. Tampilan kontemporer ini memamerkan bagaimana arah desain merek berkembang.

Interiornya memanfaatkan serangkaian sentuhan lembut, bahan berkualitas tinggi, dan permukaan yang tidak mengkilap untuk memberikan sentuhan mewah pada pelanggan generasi kedua. Perasaan premium ini lebih ditekankan oleh lampu latar biru yang mengelilingi kontrol dan sakelar model, dalam kombinasi dengan pelapis kulit.

Sementara itu, ia menawarkan lebih banyak ruang daripada sebelumnya, karena untuk pertama kalinya, pilihan untuk menambah kursi baris ketiga tersedia, memperluas kursi lima kursi menjadi kursi tujuh.

Dengan pelanggan pada waktu yang menuntut peningkatan fitur keselamatan, Santa Fe generasi kedua menawarkan serangkaian peningkatan keamanan yang luas, yang melanjutkan kepemimpinan Hyundai dalam menstandarisasi teknologi paling efektif di industri. Electronic stability control (ESC), sistem pengereman anti-lock (ABS), airbag tirai samping untuk semua baris tempat duduk, monitor tekanan ban, dan

Menjawab tuntutan pelanggan akan peningkatan fitur keselamatan, Santa Fe generasi kedua menawarkan serangkaian peningkatan keamanan yang luas, yang melanjutkan kepemimpinan Hyundai dalam menstandarisasi teknologi paling efektif di industri.

Electronic Stability Control (ESC), sistem pengereman anti-lock (ABS), airbag tirai samping untuk semua baris tempat duduk, monitor tekanan ban, dan pengekangan head depan yang aktif sekarang menjadi standar. Kemudian, versi premium ditambahkan, yang mencakup sistem navigasi built-in, kamera pandangan belakang, kontrol jelajah, dan sensor cahaya.

Santa Fe generasi ketiga (2012-2018) : peningkatan keamanan dan peningkatan konektivitas

Santa Fe generasi ketiga adalah langkah maju yang besar bagi Hyundai, karena ia menawarkan kenyamanan dan kualitas yang lebih besar, mesin yang disetel ulang dan peningkatan efisiensi. Selain itu, ini menampilkan arah desain baru yang disebut Storm Edge, yang terdiri dari garis-garis halus serta permukaan tebal dan tebal.

Dengan menambahkan tampilan yang lebih emosional, berotot, dan banyak fitur premium, perusahaan menunjukkan bahwa mereka bergerak menjauh dari penawaran SUV yang murni fungsional, dan sebagai gantinya kendaraan gaya hidup yang canggih.

Tersedia sebagai sportif lima kursi dan versi dengan wheelbase panjang yang menawarkan tiga baris kursi untuk enam atau tujuh penumpang, Santa Fe generasi ketiga juga memiliki platform crossover unibody yang segar. Versi panjangnya punya desain sedikit berbeda, termasuk desain gril heksagonal yang unik, tampilan baru untuk pilar-B, velg opsional 19-inci dan ujung knalpot ganda.

Ini menggambarkan bahwa, di samping mempertahankan kekuatan model sebelumnya dari kepraktisan, kelapangan dan ketergantungan, model baru ini tampak modern dan dinamis, menjadikannya proposisi yang ideal untuk menaklukkan pelanggan baru ke merek Hyundai.

Kedua model Santa Fe menawarkan tampilan interior yang serupa, sepenuhnya diarahkan untuk kenyamanan dan fungsionalitas penumpang. Pada awal 2010-an, kemajuan teknologi memberi peluang bagi para pembuat mobil untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berkendara para pelanggan mereka dengan serangkaian fitur konektivitas cerdas.

Hasilnya, Santa Fe generasi ketiga menawarkan layar sentuh multifungsi delapan inci opsional dengan navigasi dengan antarmuka pengguna yang lebih sederhana dan lebih intuitif serta perintah pengenalan suara yang ditingkatkan, sementara konektivitas telepon juga ditingkatkan.

Dengan Santa Fe generasi ketiga, Hyundai memperkuat komitmen menyajikan fitur keselamatan kelas terkemuka, termasuk paket pengereman premium, yang berisi rem cakram empat roda, sistem pengereman anti-kunci (ABS) dan brake assist yang memberikan gaya pengereman maksimum ketika penghentian panik terdeteksi, dan distribusi gaya rem elektronik (EBD) yang otomatis menyesuaikan kekuatan pengereman ke as depan dan belakang berdasarkan kondisi pemuatan kendaraan.

Dengan menawarkan teknologi keselamatan aktif tingkat tinggi ini, model generasi ketiga memastikan peningkatan perlindungan bagi pengemudi, penumpang dan pejalan kaki.

Santa Fe generasi keempat (2018-sekarang) : Fitur keamanan SmartSense dan desain baru yang berani.

Membangun kesuksesan generasi sebelumnya, pada 2018 Hyundai memperkenalkan Santa Fe generasi keempat. Perasaan premiumnya diilustrasikan oleh penampilannya yang bergengsi, sementara itu dilengkapi dengan teknologi paling canggih serta fitur keselamatan terbaik di kelasnya dan kelapangan yang luar biasa.

Model SUV yang elegan menampilkan penampilan luar yang berani dengan posisi atletis yang lebar. Cascading grille khas Hyundai menghiasi bagian depan, dan bagian samping diperkuat garis-garis halus membentang di sepanjang atap dan dari lampu depan ke lampu belakang. Ini memperkuat status mobil di bagian atas jajaran SUV Hyundai. Di dalamnya adalah ruang yang paling luas, dengan ruang kaki 38 mm lebih banyak di baris kedua.

Dilengkapi dengan teknologi SmartSense terbaru dari Hyundai, Santa Fe generasi keempat adalah yang paling aman di kelasnya, dan menerima peringkat keamanan bintang lima maksimum dari Euro NCAP.

Hyundai menunjukkan bahwa pihaknya terus merawat pelanggannya dengan menawarkan fitur yang lebih inovatif, termasuk in-house dikembangkan dan Peringatan Penghuni Belakang pertama di industri, yang menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi pergerakan anak-anak atau hewan peliharaan di kursi belakang dan mengingatkan pengemudi ketika meninggalkan mobil.

Fitur keselamatan lainnya adalah rear cross-traffic collision-avoidance assist, yang memindai area 180 derajat di belakang mobil yang memperingatkan pengemudi dan mengerem untuk menghindari tabrakan. Selain itu, untuk pertama kalinya di Hyundai, Santa Fe generasi keempat menampilkan layar penuh yang memproyeksikan informasi yang relevan ke kaca depan untuk menjaga pandangan tetap jelas saat mengemudi.

All-New Santa Fe menghadirkan HTRAC, sistem penggerak empat roda canggih Hyundai dengan aplikasi torsi yang ditingkatkan tergantung pada cengkeraman roda dan kecepatan kendaraan. Ini mendukung pengemudi di semua jenis situasi mengemudi, baik di salju, jalan licin atau dalam kondisi jalan biasa, dan meningkatkan stabilitas di tikungan.

Selama 18 tahun setelah diperkenalkannya model generasi pertama, SUV yang kuat dan elegan ini telah berkembang menjadi model andalan premium Hyundai di Eropa. Perbaikan berkelanjutan Santa Fe selama 2 dekade terakhir menunjukkan komitmen Hyundai untuk mengembangkan produk berkualitas dengan fitur-fitur terbaru bagi pelanggannya. Rincian lebih lanjut tentang peningkatan generasi keempat akan terungkap dalam waktu dekat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Baru Hyundai Santa Fe
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top