Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sepeda Motor Australia Melambat, ATV Melejit

Kamar Federal Industri Otomotif (FCAI) mengungkapkan penjualan untuk penjualan sepeda motor baru, all-terrain vehicle (ATV), dan kendaraan side by side (SSVs) sangat positif.
Yamaha Utilily Side-by-Syde. Yamaha merancang, merekayasa, memproduksi dan menguji ATV dan kendaraan side-by-side-nya di dunia nyata, memicu hasrat off-road. /YAMAHASPORT
Yamaha Utilily Side-by-Syde. Yamaha merancang, merekayasa, memproduksi dan menguji ATV dan kendaraan side-by-side-nya di dunia nyata, memicu hasrat off-road. /YAMAHASPORT

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Federal Industri Otomotif (FCAI) mengungkapkan penjualan untuk penjualan sepeda motor baru, all-terrain vehicle (ATV), dan kendaraan side by side (SSVs) sangat positif.

Secara keseluruhan, penjualan sepanjang Januari hingga Juni 2020 meningkat 24,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 52.838 unit.

"Sungguh luar biasa melihat penjualan yang kuat dari merek sepeda motor anggota kami," kata Tony Weber, Kepala Eksekutif FCAI, seperti dikutip Kamis (9/8/2020). "Peningkatan 24,5 persen adalah signifikan, dan menandakan perbaikan kondisi bagi anggota dan dealer."

Segmen yang paling populer adalah segmen ATV dan SSV, dengan total penjualan 14.545 dibandingkan dengan 9.638 penjualan pada paruh pertama 2019. Sepeda motor off-road melaporkan penjualan 20.885 unit, dibandingkan dengan 14.666 pada periode yang sama 2019.

“Segmen ATV dan SSV naik luar biasa 50,9 persen dan sekarang mewakili 27,5 persen dari total pasar. Dan sepeda off-road juga terbakar, dengan peningkatan 42,4 persen, dan mengklaim 39,5 persen dari total pasar," kata Weber.

Popularitas kedua segmen ini dianggap sebagai akibat langsung dari pandemi Covid-19, yang mana warga tidak bisa pergi untuk liburan ke luar negeri, dan untuk beberapa waktu mereka bahkan tidak bisa pergi untuk liburan di Australia.

"Jadi, kami percaya bahwa, alih-alih menghabiskan banyak uang untuk liburan keluarga yang mahal, orang-orang memperlakukan diri mereka dengan cara yang berbeda - dan ini bisa berarti mereka melakukan olahraga baru seperti mengendarai sepeda trail."

ATV dan SSV juga populer. Hal ini karena program penghapusan aset instan oleh pemerintah yang membuat pembelian mesin dan peralatan pertanian sangat menarik.

Penjualan Sepeda Motor Australia Melambat, ATV Melejit

Ragam produk ATV Yamaha.

Adapun sepeda jalan dan skuter tidak menikmati peningkatan peningkatan seperti dua kategori lainnya. Penjualan sepeda jalan mengalami penurunan penjualan 2,7 persen menjadi hanya 15.243 unit. Adapun skuter turun 12,8 persen menjadi 2.166 unit.

Honda mengklaim posisi teratas melaporkan penjualan 12.563 unit (23,8 persen), diikuti oleh Yamaha dengan 12.344 unit (23,4 persen), Kawasaki dengan 6.545 unit (12,4 persen), KTM dengan 4.391 unit (8,3 persen), dan Suzuki dengan 3.594 unit (6,8 persen).

FCAI sebelumnya telah menyatakan bahwa sepeda motor sangat masuk akal untuk bepergian dalam pedoman lingkungan pandemi kita saat ini.

Dengan sistem angkutan massal yang rentan terhadap risiko penularan, transportasi pribadi telah menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang.

Pengendara sepeda motor dan skuter dapat mengurangi risiko infeksi, dengan transportasi roda dua menawarkan cara yang efektif untuk menjaga jarak sosial sambil menikmati perjalanan yang bebas dan menyenangkan yang berakhir dengan parkir yang mudah.
Pengendara juga dapat dengan cepat menegosiasikan lalu lintas dan parkir dengan nyaman, memotong waktu perjalanan.

Dealer nasional, sepeda motor dan skuter tetap terbuka untuk melakukan servis dan penjualan bagi pengendara yang ingin kembali ke jalan.

Pengendara diingatkan untuk secara ketat mematuhi semua persyaratan kontrol jarak jauh dan penularan sosial, dan untuk secara rutin membasmi helm, sarung tangan, dan permukaan sentuhan tinggi pada kontrol kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper