Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW, Mercedes Benz Buka Kemungkinan Lanjutkan Kemitraan

BMW Group dan Mercedes-Benz AG bersepakat untuk melanjutkan kembali kerja sama pengembangan teknologi mengemudi otomatis generasi berikutnya, yang mana sampai kini masih terhenti.
BMW Group dan Daimler AG meluncurkan kerja sama jangka panjang untuk teknologi mobil otonom pada Juli 2019. /BMW
BMW Group dan Daimler AG meluncurkan kerja sama jangka panjang untuk teknologi mobil otonom pada Juli 2019. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Group dan Mercedes-Benz AG bersepakat untuk melanjutkan kembali kerja sama pengembangan teknologi mengemudi otomatis generasi berikutnya, yang mana sampai kini masih terhenti.

Kesepakatan baru dicapai setelah dilakukan peninjauan. Kedua perusahaan setuju untuk berkonsentrasi pada jalur pengembangan yang ada, termasuk bekerja dengan mitra saat ini atau baru.

Keduanya secara eksplisit menekankan bahwa kerja sama dapat dilanjutkan kembali di kemudian hari dan pendekatan yang mendasari kedua organisasi untuk keselamatan dan manfaat pelanggan di bidang mengemudi otomatis tetap sangat kompatibel.

BMW Group dan Mercedes-Benz AG keduanya bekerja secara terpisah untuk pengembangan teknologi mengemudi sangat otomatis dan telah mencapai kemajuan besar di bidang ini di masa lalu.

Namun, BMW Group dan Mercedes-Benz AG tidak dapat mengadakan diskusi ahli secara teperinci dan berbicara dengan pemasok tentang peta jalan teknologi sampai kontrak ditandatangani pada 2019.

Dalam pembicaraan ini -dan setelah peninjauan yang luas- kedua belah pihak menyimpulkan bahwa, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan platform teknologi bersama, serta kondisi bisnis dan ekonomi saat ini, waktunya tidak tepat untuk keberhasilan implementasi kerja sama.

"Kami secara sistematis mengembangkan teknologi dan platform yang dapat diskalakan dengan mitra seperti Intel, Mobileye, FCA, dan Ansys," kata Klaus Fröhlich, anggota Dewan Manajemen BMW AG, yang bertanggung jawab untuk Pengembangan, dalam keterangan yang dikutip Senin (22/6/2020)

Generasi teknologi BMW saat ini menawarkan potensi kuat dan berkelanjutan: Dengan sensor yang sangat kuat dan daya komputasi, sistem modular yang kuat menempatkan BMW pada posisi yang sangat baik untuk menawarkan pelanggan apa yang mereka butuhkan selama bertahun-tahun.

Markus Schäfer, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG yang bertanggung jawab atas Riset Grup Daimler dan Mobil Mercedes-Benz COO, mengatakan keahlian Mercedes melengkapi BMW Group dengan sangat baik, sebagaimana kolaborasi sukses telah buktikan.

"Selain dekarbonisasi, digitalisasi adalah pilar strategis utama untuk Mercedes-Benz. Untuk mempersiapkan tantangan masa depan dari lingkungan yang berubah dengan cepat, kami saat ini juga menjajaki kemungkinan lain dengan mitra di luar sektor otomotif."

Kedua perusahaan juga menggarisbawahi keinginan untuk terus bekerja sama erat di bidang yang lain seperti yang direncanakan.

Pada 2015, kedua perusahaan bergabung dengan Audi AG untuk mengakuisisi lokasi dan platform teknologi HERE, yang sekarang memiliki struktur pemegang saham yang sangat luas dan internasional.

Pada awal 2019, BMW Group dan Daimler AG juga menggabungkan layanan mobilitas mereka dalam usaha patungan di bawah payung keluarga NOW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper