Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ford Co-Pilot360 Diluncurkan, Saingi GM Super Cruise

Ford Motor meluncurkan Ford Co-Pilot360, teknologi bantuan mengemudi yang memungkinkan pengendara lepas setir lebih dari 100.000 mil di jalan raya. Produk Ford ini akan bersaing dengan GM Super Cruise yang telah beredar di pasar.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  16:25 WIB
Active Drive Assist mulai diluncurkan pada kendaraan model 2021 terpilih dan akan tersedia di jajaran Mustang Mach-E. - FORD
Active Drive Assist mulai diluncurkan pada kendaraan model 2021 terpilih dan akan tersedia di jajaran Mustang Mach-E. - FORD

Bisnis.com, JAKARTA - Ford Motor meluncurkan Ford Co-Pilot360, teknologi bantuan mengemudi yang memungkinkan pengendara lepas setir lebih dari 100.000 mil di jalan raya. Produk Ford yang tersedia mulai kuartal pertama 2021 ini akan bersaing dengan GM Super Cruise yang telah beredar di pasar.

Hau Thai-Tang, Kepala Pengembangan dan Pembelian Produk Ford Motor, mengatakan tekanan dari jalan raya yang panjang tetap menjadi masalah besar bagi pengemudi di seluruh dunia.

"Dengan memperkenalkan teknologi bantuan pengemudi seperti Active Drive Assist, versi hands-free Ford, kami memungkinkan pelanggan kami untuk merasa lebih percaya diri kapan pun mereka berada di belakang kemudi," ujar Hau Thai-Tang, dalam keterangan pers, Kamis (18/6/2020).

Active Drive Assist adalah evolusi berikutnya dari Intelligent Cruise Adaptive Cruise Control dengan Lane Centering dari Ford, menambahkan Mode Bebas-Genggam Ford pertama untuk Ford dengan potensi peningkatan lebih lanjut di masa depan.

Mode Bebas-Genggam memungkinkan pengemudi melepas genggaman stir pada jalan raya yang telah dipetakan sehingga memberi kenyamanan tambahan selama perjalanan panjang.

Kamera menghadap ke pengemudi inframerah canggih akan melacak pandangan mata dan posisi kepala untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat berada dalam Mode Bebas Genggam serta Mode Centering Tangan, yang bekerja di jalan mana pun dengan garis jalur.

Pengemudi akan diberi tahu oleh petunjuk visual pada kluster instrumen mereka ketika mereka perlu mengembalikan perhatian mereka ke jalan atau melanjutkan kontrol kendaraan.

"Memperkenalkan Active Drive Assist dengan kamera yang menghadap pengemudi masuk akal karena kendaraan membantu menghilangkan stres dan beban mengemudi tetapi tetap membuat Anda sepenuhnya memegang kendali," kata Thai-Tang. "Dan jika Anda kehilangan fokus di jalan di depan, Active Drive Assist akan secara otomatis memperingatkan dan berpotensi memperlambat kendaraan hingga Anda siap untuk fokus kembali."

Active Drive Assist mulai diluncurkan pada kendaraan model 2021 terpilih dan akan tersedia di jajaran Mustang Mach-E. Bagi para pembeli awal Mustang Mach-E, perangkat keras Active Drive Assist akan tersedia sebagai bagian dari Paket Persiapan Ford Co-Pilot360 Active 2.0 pada saat pembelian.

Ford berencana memberi pelanggan yang membeli paket persiapan itu kesempatan untuk membeli perangkat lunak Active Drive Assist dan menerima fitur di dealer Ford atau melalui pembaruan over-the-air yang diharapkan pada kuartal ketiga 2021.

Paket Persiapan Co-Pilot360 Active 2.0 Ford juga mencakup Active Park Assist 2.0, iterasi terbaru dari teknologi park-assist untuk memberi pengemudi ketenangan pikiran saat memarkir Mustang Mach-E.

Dengan Active Park Assist 2.0, cukup menahan tombol akan memungkinkan kendaraan mengendalikan parkir secara paralel dan tegak lurus dengan mudah. Ini juga menawarkan Park Out Assist dengan kemampuan pengindraan sehingga pengemudi dapat dengan percaya diri menavigasi keluar dari tempat parkir ketika seseorang parkir terlalu dekat.

Produk Co-Pilot360 akan memungkinkan Ford bersaing dengan GM yang terlebih dulu memasarkan GM Super Cruise. Akan tetapi, seperti GM Super Cruise, sistem Ford baru tidak dianggap sebagai solusi mengemudi yang sepenuhnya otonom.

Meskipun pengemudi dapat melepaskan tangan mereka dari kemudi, mereka masih diharuskan untuk memperhatikan jalan, dan jika diminta, melanjutkan kontrol atas kendaraan.

Berbeda dengan Ford Co-Pilot360 yang baru akan tersedia kuartal pertama 2021, GM Super Cruise telah diterapkan pada sejumlah modelnya. Pertama kali memulai debutnya dengan Cadillac CT6, Super Cruise diperluas ke Cadillac CT4 2020 dan Cadillac CT5 2020. Cadillac Escalade 2021 juga akan menawarkan fitur ini, termasuk Cadillac XT4, XT5, dan XT6.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ford motor company Mobil Otonom
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top