Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NGK Hadirkan Inovasi Busi Yamaha X-MAX dan Honda Forza

Perubahan tren kendaraan roda dua yang semula berjenis bebek, kini bergeser sejak kemunculan kendaraan jenis matik di pasar otomotif Indonesia.
Busi NGK dengan fitur long reach dari NGK. /NGK
Busi NGK dengan fitur long reach dari NGK. /NGK

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan tren kendaraan roda dua yang semula berjenis bebek, kini bergeser sejak kemunculan kendaraan jenis matik di pasar otomotif Indonesia.

Perubahan tren tersebut kemudian ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal. Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, mengungkapkan busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya.

"Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm," ungkap Diko dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Saat ini, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan.

Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan terlebih di masa sekarang ini di mana terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor metik.

Diko menambahkan bahwa penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut agar dapat meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi, dan ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi.

"Selain itu, jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking dan Lubang busi yang lebih kecil menjadikan desain mesin lebih fleksibel," kata Diko.

Lebih lanjut Diko mengatakan, tak hanya kedua motor metik di atas, pada motor Honda PCX dan ADV pun businya memiliki fitur khusus yang cukup berbeda dari motor matic lainnya.

"Busi NGK MR8K-9 yang disematkan pada kedua motor itu dibekali fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiliki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation agar busi tersebut dapat memiliki performa pengapian maksimal dengan masa pakai lebih panjang," jelas Diko.

Berdasarkan penjabaran fitur spesifik untuk masing-masing motor itu berbeda-beda, tak heran apabila NGK Busi Indonesia mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan agar para pemakai dapat merasakan performa dan efisiensi paling optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper