Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Investasi, Volkswagen Perkuat Pengembangan Baterai Solid

Grup Volkswagen meningkatkan kepemilikannya di QuantumScape dan menambah investasi hingga US$200 juta pada perusahaan spesialis baterai AS tersebut untuk memajukan pengembangan bersama teknologi baterai solid-state.
Volkswagen ID. /VW
Volkswagen ID. /VW

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Volkswagen meningkatkan kepemilikannya di QuantumScape dan menambah investasi hingga US$200 juta pada perusahaan spesialis baterai AS tersebut untuk memajukan pengembangan bersama teknologi baterai solid-state.

Thomas Schmall, Ketua Dewan Manajemen Komponen Grup Volkswagen, mengatakan baterai solid-state akan secara signifikan meningkatkan jangkauan dan mempersingkat waktu pengisian lebih lanjut.

“Kami membuat kemajuan teknologi dengan mitra kami QuantumScape. Investasi tambahan akan secara efektif memperkuat dan mempercepat kerja pengembangan bersama kami,” kata Thomas Schmall, dalam keterangan resmi Volkswagen, Rabu (17/6/2020).

Grup Volkswagen dan QuantumScape juga telah berkolaborasi dalam usaha patungan untuk memungkinkan produksi baterai solid-state tingkat industri sejak 2018.

kata Frank Blome, Kepala Bisnis Sel Baterai, Komponen Grup Volkswagen, mengatakan Volkswagen membawa e-mobilitas ke arus utama. Posisi kuat di bidang baterai adalah faktor penentu.

“Kami mengamankan basis pasokan global kami dengan produsen yang efisien, secara bertahap membangun kapasitas produksi dan mendorong pengembangan teknologi baterai solid-state yang mutakhir. Fokus kami dalam konteks ini adalah pada kemitraan strategis jangka panjang."

Baterai solid-state dipandang sebagai teknologi yang paling menjanjikan untuk mobilitas e-generasi berikutnya. Dengan ukuran yang sama dari paket baterai saat ini, baterai solid-state dapat memungkinkan rentang listrik pada tingkat drive konvensional. Selain itu, waktu pengisian daya dapat diperpendek secara signifikan.

Grup Volkswagen telah berkolaborasi dengan QuantumScape sejak 2012, dan merupakan pemegang saham otomotif terbesar dengan investasi sebelumnya lebih dari US$100 juta. Menutup investasi tambahan baru hingga US$200 juta dan peningkatan terkait saham Volkswagen di QuantumScape masih tunduk pada berbagai kondisi.

Kedua mitra membentuk usaha patungan pada 2018 untuk memungkinkan produksi baterai solid-state tingkat industri untuk Volkswagen. Kedua mitra membayangkan mendirikan pabrik percontohan. Rencana tersebut diperkirakan akan dikuatkan pada tahun ini.

Memperluas e-mobilitas adalah blok bangunan penting di jalan menuju keseimbangan netral karbon untuk perusahaan secara keseluruhan. Tujuan ini akan dicapai pada tahun 2050. Oleh karena itu Grup Volkswagen berkomitmen penuh untuk tujuan-tujuan dari Perjanjian Iklim Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper