Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Volkswagen ID.R, Mobil Balap Listrik dengan Lima Rekor

Volkswagen mulai membawa konsep produk mobilitas elektriknya ke jalur produksi. Selain mulai merakit ID.3, pabrikan Jerman ini telah memamerkan model produksi ID.4 dan ID.R.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  02:20 WIB
ID.R, mobil balap listrik Volkswagen. - VOLKSWAGEN
ID.R, mobil balap listrik Volkswagen. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen mulai membawa konsep produk mobilitas elektriknya ke jalur produksi. Selain mulai merakit ID.3, pabrikan Jerman ini telah memamerkan model produksi ID.4 dan ID.R.

Berbeda dengan ID.3, dan ID.4, Volkswagen ID.R adalah mobil balap bertenaga sepenuhnya listrik. Dengan ID.R, Volkswagen ingin menunjukkan fokusnya pada strategi motorsport listrik, sekaligus menegaskan salah perpisahan pada mesin pembakaran internal.

"Peran sebagai pelopor teknologi akan terus diambil alih oleh mobil balap listrik ID.R, yang telah menetapkan tonggak penting bagi mobilitas listrik dengan catatan di Pikes Peak (AS), Nürburgring (D), Goodwood (GB) dan Tianmen (CN).

Selain itu, Volkswagen Motorsport mengembangkan konsep motorsport baru untuk keluarga ID berdasarkan pada Modular Electric Drive Kit (MEB), yang mana banyak kendaraan produksi listrik akan didasarkan.

“Volkswagen Motorsport membuka jalan baru dengan ID.R, dan dengan catatannya di seluruh dunia itu menunjukkan potensi besar penggerak listrik," kata Frank Welsch, Anggota Dewan Manajemen dari Merek Mobil Penumpang Volkswagen dengan tanggung jawab untuk Pengembangan Teknis.

Volkswagen menegaskan ID.R sebagai pelopor teknologi, dan MEB di masa depan akan menjadi pilar kedua terkait produksi dalam program motorsport Volkswagen.

Tahun lalu di Essen Motor Show, ID.R berhasil menyabet penghargaan Mobil Balap Elektrik Tahun Ini. Hadiah tersebut, diberikan oleh sportscar Auto Bild dan motorsport Auto Bild, yang mengakui keberhasilan mobil balap listrik 500 kW (680 PS), setelah mencatat lima rekor di empat negara, di tiga benua, dalam 2 tahun terakhir.

"Saya senang bahwa ID.R telah dipilih sebagai mobil balap tahun ini dalam kategori Electro tahun ini", kata Direktur Volkswagen Motorsport Sven Smeets, yang mengambil hadiah di Race Night, kala itu.

Pengembangan ID.R dimulai pada akhir 2017. Di belakang kemudi mobil balap ini adalah orang Prancis Romain Dumas, yang mencetak rekor pertama di Pikes Peak International Hill Climb di Colorado (AS) pada Juni 2018.

Duo dinamis itu kemudian melanjutkan untuk memecahkan rekor listrik di Goodwood Festival of Speed (GB). Dumas mengklaim tiga catatan lagi dengan ID.R pada 2019: ID.R sekarang memegang rekor untuk putaran tercepat dengan mobil listrik di Nürburgring Nordschleife, serta mengamankan catatan track keseluruhan di Goodwood dan di Gunung Tianmen di China.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mobil Baru Volkswagen ID.4
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top