Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribet Kredit, Pembelian Tunai Mobil Daihatsu Meningkat

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan adanya kenaikan pembelian kendaraan baru secara tunai (cash) dibandingkan dengan cara kredit.
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan adanya kenaikan pembelian kendaraan baru secara tunai (cash) dibandingkan dengan cara kredit.

"Kalau kami lihat, dahulu itu kan 80 persen kredit dan 20 persen cash. Sekarang sampai April kemarin cash-nya meningkat. Jadi 75 persen kredit, 25 persen cash. Mei kredit jadi 65 persen," ungkap Hendrayadi Lastiyoso pada saat acara Digital Press Conference, Kamis (14/5/2020).

Hendrayaydi melanjutkan pembelian secara tunai dilakukan konsumen yang kesulitan mengajukan aplikasi kredit melalui leasing sejalan dengan regulasi yang kian ketat oleh perusahaan pembiayaan.

"Kalau dilihat, ini kebanyakan customer yang repeat order atau replace karena approval dari leasing ketat sekali. Dengan indikator angka tadi, pastinya banyak pembeli yang replace atau repeat order," kata dia.

Ia mengatakan, imbauan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak berdampak signifikan pada minat membeli masyarakat di kawasan perkotaan.

"Kalau diskusi dengan kepala wilayah, 'sialnya' itu kontributor terbesar Jakarta kan kena PSBB. Jadi, semua jelas ini sangat menekan area yang memberi kontribusi tinggi, tapi saya lihat DKI masih lebih tinggi diikuti Jawa Timur atau Sumatera, Jawa Tengah kemudian Kalimantan," jelas dia

Kendati demikian, mereka tidak memungkiri bahwa penjualan di wilayah DKI Jakarta turun sekitar empat persen, dibandingkan dengan wilayah yang belum memberlakukan PSBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper