Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pangkas Biaya, Renault Setop Model Espace

Renault tengah menyiapkan langkah mengakhiri sejumlah model terkenal tetapi sedang sakit, seperti minivan Espace, sebagai bagian dari rencana pemotongan biaya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  21:40 WIB
Logo Renault tampak di dealer di Les Sorinieres, dekat Nantes, Prancis, 19 February 2020. REUTERS
Logo Renault tampak di dealer di Les Sorinieres, dekat Nantes, Prancis, 19 February 2020. REUTERS

Bisnis.com, PARIS - Renault tengah menyiapkan langkah mengakhiri sejumlah model terkenal tetapi sedang sakit, seperti minivan Espace, sebagai bagian dari rencana pemotongan biaya.

Renault yang tengah menghadapi guncangan akibat jatuhnya CEO Carlos Ghosn dan akibat kemunduran di pasar utama akan memotong biaya sebesar 2 miliar euro (US$2,16 miliar) selama 3 tahun mendatang.

Langkah restrukturisasi tersebut seiring dengan pembaruan strategis Nissan, mitra Jepang Renault, yang akan diuraikan pada 28 Mei. Langkah tersebut mencakup penarikan dari Eropa dan tempat lain untuk fokus pada Amerika Serikat, China, dan Jepang.

"Proyek ini belum sepenuhnya dibuat di atas batu tetapi Espace, Scenic (minivan kompak) dan jimat besar Talisman harus sudah dianggap dihapus dari program produk masa depan. Praktis, model ini akan berhenti," salah satu dari kata sumber itu.

Menurutnya, model minivan dan sedan akan dikurangi dan fokus pada crossover dan SUV.

Renault telah memulai perombakan rentang modelnya pada 2009, tetapi masih memiliki 45-50 model dalam katalognya, termasuk di bawah merek Dacia, RSM, Lada dan Alpine.

Renault, yang tahun lalu membukukan rugi bersih pertamanya dalam 10 tahun dan telah terpukul keras seperti rekan-rekannya oleh krisis coronavirus, menolak berkomentar.

Pembuat mobil, yang dimiliki 15% oleh negara Prancis, sedang menegosiasikan paket bantuan 4 miliar hingga 5 miliar euro dengan pemerintah untuk menahan dampak dari penurunan penjualan dan produksi akibat pandemi.

PSA, pesaing Renault, mengikuti jalur yang sama enam tahun lalu, ketika mengumumkan rencana memangkas jumlah modelnya dari 45 menjadi 26 di atas tiga merek utamanya, dengan tujuan menghemat 300 juta euro per tahun.

"Renault jauh lebih internasional daripada rekan senegaranya, yang penjualannya tetap fokus pada Eropa", kata sumber lain. "Tetapi bahkan jika keragaman geografis Renault adalah faktor di balik jumlah model yang tinggi, tingkat itu tidak berkelanjutan lagi."

Renault Espace merupakan kendaraan serbaguna yang diproduksi oleh perusahaan Prancis, Renault sejak 1984 untuk pasaran Eropa. Renault Espace pertama kali diluncurkan pada 1984 dengan kendaraan 5 pintu. Mobil ini dirakit di Sandouville, Prancis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

model baru Renault

Sumber : Reuters

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top