Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Volvo Cars Gandeng Luminar Sediakan Teknologi Keselamatan Mobil Otonom

Volvo Cars menggandeng Luminar untuk menyediakan LiDAR dan teknologi persepsi terdepan untuk mobil generasi berikutnya. Kemitraan ini akan menghadirkan teknologi swakemudi pertama Volvo untuk jalan raya dan membuka jalan bagi pengembangan keselamatan aktif di masa depan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  04:50 WIB
Henrik Green, Chief Technology Officer Volvo Cars; dan Austin Russell, Pendiri dan CEO of Luminar. VOLVO CARS
Henrik Green, Chief Technology Officer Volvo Cars; dan Austin Russell, Pendiri dan CEO of Luminar. VOLVO CARS

Bisnis.com, GOTHENBURG - Volvo Cars menggandeng perusahaan teknologi Luminar untuk menyediakan LiDAR dan teknologi persepsi terdepan untuk mobil generasi berikutnya. Kemitraan ini akan menghadirkan teknologi swakemudi pertama Volvo untuk jalan raya dan membuka jalan bagi pengembangan keselamatan aktif di masa depan.

Arsitektur kendaraan modular SPA 2 generasi berikutnya dari Volvo Cars akan tersedia sebagai perangkat keras untuk drive otonom yang akan diproduksi mulai 2022, dengan Luminar LiDAR diintegrasikan ke atap kendaraan.

Mobil berbasis SPA 2 akan dilengkapi software baru, dan fitur Highway Pilot apabila konsumen menginginkannya. Teknologi ini akan memungkinkan pengemudian jalan raya yang sepenuhnya otonom setelah diverifikasi aman untuk lokasi dan kondisi geografis individu.

“Penggerak otonom berpotensi menjadi salah satu teknologi paling menyelamatkan jiwa dalam sejarah, jika diperkenalkan secara bertanggung jawab dan aman,” kata Henrik Green, Kepala Petugas Teknologi Volvo Cars, dalam keterangan pers yang dikutip, Senin (11/5/2020).

Selain fitur Highway Pilot, Volvo Cars dan Luminar juga menjajaki peran LiDAR dalam meningkatkan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut di masa depan, dengan potensi untuk melengkapi semua mobil berbasis SPA2 masa depan dengan sensor LiDAR sebagai standar.

Teknologi Luminar didasarkan pada sensor LiDAR berkinerja tinggi, yang memancarkan jutaan pulsa sinar laser yang secara akurat mendeteksi di mana objek berada dengan memindai lingkungan dalam 3D, menciptakan peta sementara, waktu nyata tanpa memerlukan konektivitas internet.

LiDAR adalah kunci dalam menciptakan mobil bernavigasi dengan aman dalam mode otonom, memberikan mereka visi dan persepsi yang dapat diandalkan yang tidak dapat disediakan oleh kamera dan radar saja. LiDAR adalah basis ideal untuk pengambilan keputusan yang aman di lingkungan yang kompleks dengan kecepatan tinggi.

Untuk mengaktifkan fitur Highway Pilot, teknologi persepsi Luminar akan dikombinasikan dengan perangkat lunak drive otonom dan kamera, radar, dan sistem cadangan untuk fungsi-fungsi seperti kemudi, pengereman dan daya baterai yang dipasang pada mobil Volvo yang akan datang yang dilengkapi untuk self-driving.

Secara keseluruhan, ini memberi pengguna Volvo yang menginginkan akses ke fitur yang aman, mengemudi sendiri sepenuhnya untuk digunakan di jalan TOL.

"Segera, Volvo akan dapat mengemudi secara mandiri di jalan tol ketika mobil memutuskan bahwa itu aman untuk dilakukan," kata Henrik Green. “Pada saat itu, Volvo bertanggung jawab untuk mengemudi dan Anda dapat bersantai, mengalihkan pandangan dari jalan dan tangan lepas dari kemudi."

Bagi Volvo Cars, pengenalan teknologi otonom yang aman adalah pengenalan bertahap.

Volvo Cars dan Luminar juga berkomitmen memperdalam kolaborasi untuk memastikan industrialisasi yang kuat dan validasi teknologi LiDAR Luminar untuk seri produksi. Volvo Cars juga telah menandatangani perjanjian untuk kemungkinan meningkatkan kepemilikan minoritas di Luminar.

Bagi Luminar yang berbasis di Silicon Valley, bermitra dengan Volvo Cars mewakili pengiriman teknologinya yang pertama ke dalam produksi seri. Ini adalah langkah kunci untuk mencapai skala ekonomi yang diperlukan untuk membawa teknologi ke industri otomotif yang lebih luas.

“Volvo diakui sebagai pelopor keselamatan otomotif, yang telah mendorong standardisasi di seluruh industri untuk teknologi penyelamatan kehidupan paling canggih,” kata Austin Russell, Pendiri dan CEO Luminar.

Dia mengatakan era keselamatan berikutnya adalah mengemudi secara otonom dan sekali lagi, Volvo telah memimpin dengan tonggak sejarah industri besar. Luminar telah memecahkan biaya utama, kinerja, dan tantangan tingkat-otomatis untuk memungkinkan produksi seri, dan bersama Volvo membuat teknologi ini tersedia bagi dunia."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Otonom Volvo Cars
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top