Alphard dan Velfire, Duet Maut Segmen Premium

Toyota Alphard dan Velfire menjadi model MPV premium yang paling digemari kalangan berkantong tebal. Penjualan Alphard sejak pertama kali dirilis menunjukkan grafik positif berkat angka penjualan yang terus tumbuh hingga menguasi pasar MPV premium.
Tampilan exterior Toyota Alphard.
Tampilan exterior Toyota Alphard.

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Alphard dan Velfire menjadi model MPV premium yang paling digemari kalangan berkantong tebal. Penjualan Alphard sejak pertama kali dirilis menunjukkan grafik positif berkat angka penjualan yang terus tumbuh hingga menguasi pasar MPV premium.

Alphard pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2008 dan telah mencetak total penjualan 25.421 unit hingga Januari 2020. Pada tahun lalu, Alphard dan Vellfire membukukan penjualan wholesales sebanyak 4.637 unit dengan pangsa pasar 94,4 persen di kelas MPV premium.

Kendati segmentasi pasar MPV premium sangat terbatas, Toyota tetap memberikan sejumlah peningkatan fitur pada Alphard dan Velfire. Baru-baru ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan sentuhan peningkatan fitur keselamatan dengan fitur Toyota Safety Sense.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan perhatian utama dari Toyota dalam melakukan pengembangan.

"Toyota secara terus menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan tapi juga perlindungan keselamatan yang makin optimal. Di awal tahun ini, kami memulainya dengan melakukan penyegaran pada Alphard dan Vellfire," ujarnya.

Fitur Toyota Safety Sense merupakan fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi, seperti penggunaan pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), dynamic radar cruise control (DRCC), dan automatic high beam (AHB).

Tampila interior dashboar Toyota Alphard
Tampila interior dashboar Toyota Alphard

Dengan fitur PCS, pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan 6 titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang.

Fitur ICS akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini diklaim akan membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper