Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Otomotif Turun, Penjualan Mobil Sedan Menanjak

Kinerja penjualan mobil sedan masih menanjak di kuartal pertama 2020 meski pasar otomotif nasional mengalami pelambatan akibat pandemi virus corona (Covid-19).
All-new Toyota Camry. /Bisnis.com-Aprianus Doni Tolok
All-new Toyota Camry. /Bisnis.com-Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja penjualan mobil sedan masih menanjak di kuartal pertama 2020 meski pasar otomotif nasional mengalami pelambatan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen mobil sedan mencatatkan penjualan sebanyak 1.702 unit, tumbuh 26,26 persen dibandingkan periode tahun lalu yang membukukan total penjualan sebanyak 1.348 unit.

Di saat bersamaan, penjualan retail nasional pada tiga bulan pertama tahun ini melambat 15,6 persen dibandingkan periode tahun lalu yang mencatatkan penjualan sebanyak 259.963 unit.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan kuartal pertama tahun ini belum begitu bersampak terhadap kinerha penjualan mobil premium. Menurutnya, krisis penjualan di segmen ini akan baru terasa pada kuartal kedua.

"Kuartal pertama sebenarnya belum terlalu terdampak dengan adanya krisis, sehingga pertumbuhan di segmen mobil sedan tidak bisa dibuat pertimbangan. Krisis akan terlihat dampaknya di kuartal kedua," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (22/4/2020).

Lexus sendiri mencatatkan peningkatan kinerja penjualan lewat model Lexus ES. Mobil berkapasitas 2.500 cc ini mencatatkan penjualan sebanyak 62 unit, tumbuh drastis dibandingkan tahun lalu 23 unit. Capaian itu pun membuat Lexus ES parkir di peringkat ke-10 daftar mobil sedan terlaris.

Penyegaran Model

Adrian mengatakan perubahan signifikan pada model ES 300 Hybrid pada tahun lalu menjadi faktor pendorong tumbuhnya penjualan. Perubahan mencolok terlihat di bagian suspensi yang berubah total dengan swing valve absorber yang mampu meredam bahkan guncangan kecil dari kerikil.

Selain Lexus, Honda juga mencatatkan peningkatan kinerja dari model Accord. Pada periode Januari-Maret 2020, mobil yang mengalami perubahan model pada pertengahan 2019 ini, meraih total penjualan sebanyak 80 unit.

"Peningkatan penjualan Honda Accord di kuartal tahun ini ditopang oleh full model change yang diluncurkan di paruh kedua tahun lalu. Sementara pada kuartal pertama tahun lalu masih model yang lama," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Total, Honda mengirimkan tiga model sedannya masuk ke jajaran terlaris, di antaranya model Civic yang menempati peringkat ke-3 dengan raihan 167 unit, Accord menduduki peringkat ke-8, dan City bertengger di peringkat ke-9 dengan capaian 68 unit.

Daftar 10 mobil sedan terlaris kuartal I/2020:

1. Toyota Camry: 462 unit
2. BMW Seri-3: 194 unit
3. Honda Civic: 167 unit
4. Mercedes-Benz C-Class: 126 unit
5. Toyota Corolla: 121 unit
6. Mercedes-Benz E-Class: 108 unit
7. Toyota Vios: 91 unit
8. Honda Accord: 80 unit
9. Honda City: 68 unit
10. Lexus ES: 62 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper