Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lexus Rancang Mobil Bertato Pertama di Dunia, Begini Tampilannya

Claudia menato mobil putih sport utility vehicle (SUV) kompak UX dengan desain ikan koi, motif yang kental dengan seni tradisional Jepang.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  23:12 WIB
Mobil putihSUV, Lexus UX, ditato Claudia De Sabe dengan desain ikan koi - Discover Lexus.
Mobil putihSUV, Lexus UX, ditato Claudia De Sabe dengan desain ikan koi - Discover Lexus.

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil mewah Lexus untuk pertama kalinya di dunia merancang mobil dengan desain tato yang dikerjakan oleh seniman asal Inggris, Claudia De Sabe.

Dilansir dari laman resmi Lexus, Minggu (29/3/2020), Claudia menato mobil putih sport utility vehicle (SUV) kompak UX dengan desain ikan koi. Motif itu begitu akrab dengan seni tradisional Jepang karena mewakili kualitas keberuntungan dan ketekunan.

Claudia mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dia menemukan kesamaan sekaligus tantangan baru saat menerapkan keterampilannya di atas logam. Dalam prosesnya, Claudia menggunakan bor Dremel sebagai alat pengganti jarum tato.

“Ketika Anda menato seseorang, Anda harus memikirkan otot dan jaringan di bawah kulit. Namun, ketika menato mobil adalah tentang bagaimana melihat perubahan bentuk tubuh di atas kerangka,” kata Claudia.

Proses pengerjaan itu memakan waktu enam bulan sejak konsep awal diselesaikan. Adapun, proses tato memakan waktu lima jam selama delapan hari kerja intensif dengan menggunakan cat mobil berkualitas. 

Claudia De Sabe berpose di depan Mobil putih SUV, Lexus UX yang ditato dengan desain ikan koi/Discover Lexus.

Claudia De Sabe berpose di depan Mobil putih SUV, Lexus UX yang ditato dengan desain ikan koi/Discover Lexus.

Sebagai sentuhan akhir, Claudia menggunakan daun emas untuk membuat highlight dan memberikan efek tiga dimensi yang lebih kuat, sebelum seluruh kendaraan diberi lapisan pernis pelindung.

Claudia mengatakan proyek itu menuntut ketangguhan fisik lantaran getaran bor yang cukup kuat. Apalagi, proses pengerjaan tidak bisa dipindahkan ke posisi nyaman saat desain mulai berkembang. Hal itu jauh berbeda ketika dirinya menato manusia. 

"Jika ada potongan kecil pada tato manusia, dapat dengan mudah dikerjakan atau diwarnai ke dalam pola, tetapi mengukir dengan bor sangat membutuhkan ketelitian mutlak," tuturnya. 

Meski mobil Lexus UX berdesain tato ini tidak dilabeli harga, tetapi biaya untuk pengerjaan pemesanan mobil ini diperkirakan mencapai 120.000 euro atau sekitar Rp2 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif lexus Mobil Baru
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top