Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona Ancam Otomotif Global, Volkswagen Coba Jaga Asa

VW yang menaungi banyak merek, termasuk Porsche dan Audi, tetap optimistis dan akan mengadakan konferensi pers untuk menjabarkan rencana 2020.
Logo Volkswagen. /REUTERS
Logo Volkswagen. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Grup otomotif raksasa asal Jerman, Volkswagen, mencoba tetap optimistis di tengah ancaman penurunan pasar otomotif global akibat pandemik virus corona baru (COVID - 19).

CEO Volkswagen Herbert Diess mengatakan pada 2020 merupakan periode sulit bagi industri global karena wabah itu. Pandemik itu, jelasnya,  menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi, termasuk otomotif.

"2020 adalah tahun yang sangat sulit. Pandemik corona memberi kita tantangan operasional dan keuangan yang tidak kami ketahui," kata Herbert Diess dalam sebuah pernyataan, dilansir Financial Times, Selasa (17/3/2020).

Perusahaan yang menaungi banyak merek, termasuk Porsche, Audi, Seat, dan Skoda itu tetap optimistis di tengah pandemik corona.

VW akan mengadakan konferensi pers tahunan pada Selasa malam ini, untuk menjabarkan rencana perusahaan pada 2020, di tengah pandemik corona.

"Kami akan berhasil mengatasi krisis jika mengumpulkan kekuatan," tambahnya.

Pendapatan VW naik 7,1 persen menjadi 252,6 miliar euro (282 miliar dolar AS) pada akhir 2019. Adapun, laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham juga naik 12,8 persen pada tahun lalu, didorong penjualan yang meningkat pada model-model premium.

Kendati demikian, penyebaran virus corona membuat industri otomotif terguncang karena macetnya pengiriman suku cadang yang kebanyakan dibuat di China.

Tidak hanya itu, penyebaran corona ke berbagai negara juga membuat perusahaan menutup pabrik untuk sementara.

Fiat Chrysler menghentikan produksi enam pabrik di Italia, Serbia dan Polandia hingga 27 Maret. PSA Group yang menaungi Peugeot, Citroen dan Opel akan menutup pabriknya di Eropa mulai pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper