Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Momok Virus Corona, Pameran Otomotif Nasional Tetap Jalan

Kendati sejumlah pameran berskala global dibatalkan akibat virus corona, pelaku otomotif nasional masih meyakini eksposisi di dalam negeri masih akan berjalan sesuai jadwal.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  13:38 WIB
Model berfoto dengan bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta, Sabtu (3/3/2018). MAB mendapatkan komitmen pembelian 200 unit dengan nilai diperkirakan mencapai Rp700 miliar.  - Bisnis.com/Dwi Prasetya
Model berfoto dengan bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta, Sabtu (3/3/2018). MAB mendapatkan komitmen pembelian 200 unit dengan nilai diperkirakan mencapai Rp700 miliar. - Bisnis.com/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku industri otomotif optimistis penyelenggaraan eksposisi di dalam negeri pada tahun ini dapat terus berlangsung meski eskalasi wabah virus corona (COVID - 19) telah mengakibatkan pameran kendaraan global batal digelar. 

Deputy Director Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung kebijakan pemerintah apabila perhelatan otomotif di Indonesia terpaksa ditunda.

Menurutnya, Mercedez-Benz senantiasa menempatkan faktor kesehatan dan keselamatan manusia sebagai hal yang utama. Meski demikian, pihaknya tetap membangun optimisme bahwa penyelenggaraan sejumlah pameran otomotif nasional dapat terus berjalan tahun ini.

"Jadi, kami tetap melakukan persiapan untuk event seperti yang telah direncanakan. Jika nanti ada arahan lain dari pihak pemerintah atau penyelenggara tentu kami akan menyesuaikan," ujarnya saat dihubungi Bisnis, di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Kariyanto menyampaikan realisasi penjualan dari pameran otomotif bersifat fluktuatif. Hasil dari pameran itu cenderung hanya memengaruhi penjualan roda empat pada periode berlangsungnya pameran.

Direktur 4 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengaku siap mengikuti arahan pemerintah terkait dengan keberlangsungan eksposisi Indonesia. Menurutnya, keamanan pengunjung dan peserta pameran adalah yang utama.

Sementara itu, Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 dipastikan tetap berjalan. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi meminta semua pihak agar tetap tenang.

Adapun, peningkatan eskalasi penyebaran virus corona telah membuat pameran Geneva International Motor Show (GIMS) 2020 batal digelar.

Maurice Turrettini, President of The Geneva International Motor Show Foundation, mengungkapkan sangat menyesal atas pembatalan GIMS 2020. Namun, dia menilai bahwa keselamatan para peserta pameran adalah hal yang utama.

"Kami menyesali situasi ini, tetapi kesehatan semua peserta adalah prioritas utama kami," ujarnya dalam keterangan resmi GIMS 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Giicomvec 2018
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top