Tingkat TKDN Moderat, Wuling: Virus Corona Belum Berdampak

Wuling Motors mengaku stok komponen kendaraan diklaim masih aman. Di sisi lain, tingkat komponen dalam negeri atau TKDN dari Wuling Motors belum banyak berubah.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  19:52 WIB
Tingkat TKDN Moderat, Wuling: Virus Corona Belum Berdampak
Petugas melakukan perawatan terhadap mobil Wuling yang dijual di salah satu showroom di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, GIANYAR - Wuling Motors menyatakan bahwa virus corona (Covid-19) belum berdampak signifikan terhadap kegiatan produksi dan distribusi pabrikan meski penggunaan tingkat komponen dalam negeri masih moderat.

Media Relation Wuling Motors Indonesia Brian Gomgom mengatakan bahwa semua lini produk Wuling Motors diproduksi di Indonesia. Adapun, stok komponen kendaraan diklaim masih aman.

"Jadi, untuk ketersediaan stok ataupun produksi masih aman," ujar Brian saat ditemui di Gianyar, Bali, Senin (24/2/2020).

Kendati demikian, Brian tidak merinci seberapa lama dapak virus corona mampu memengaruhi kinerja produksi dan distribusi.

Di sisi lain, tingkat komponen dalam negeri atau TKDN dari Wuling Motors, kata Brian, belum banyak berubah.

Hingga awal 2020 TKDN kendaraan Wuling produksi Cikarang belum semuanya menyentuh angka 60 persen. Brian mengatakan bahwa baru produk Confero yang memiliki TKDN sebesar 60 persen.

"Sementara produk lain [TKDN] masih sama seperti sebelumnya," ujar Brian. Produk lain yang dimaksud adalah Cortez dengan TKDN sebesar 47 persen dan Almaz 43,5 persen.

Brian melanjutkan bahwa Wuling akan berupaya meningkatkan TKDN dengan menggandeng pelaku usaha komponen baik di dalam maupun di luar pabrik. Upaya pningkatan TKDN dilakukan seiring kinerja positif yang dicatatkan Wuling pada 2019.

Sepanjang 2019, Wuling membukukan penjualan wholesales sebanyak 22.343 unit, meningkat 31,41 persen dibandingkan penjualan pada 2018 yang mencapai 17.002 unit.

Hingga akhir 2019, Wuling tercatat memasarkan empat model kendaraan yakni Confero, Cortez, Formo dan model sport utility vehilce (SUV) Almaz. Strategi harga dan fitur yang ditawarkan membuat Wuling mendapatkan sambutan positif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tkdn, Virus Corona, Wuling Motors

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top