Pasar Otomotif Diprediksi Bangkit di Kuartal I/2020

Setelah sempat lesu pada Januari 2020, pasar otomotif nasional diprediksi kembali bangkit karena didorong sejumlah sentimen positif.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  14:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah lesunya kinerja pasar otomotif di bulan Januari, PT Honda Prospect Motor memprediksi pasar otomotif dapat kembali bangkit dari kelesuannya pada kuartal pertama tahun ini. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan roda empat secara wholesales pada Januari 2020 mencapai 79.983 unit. Angka itu menurun 2,6 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 82.155 unit.

Direktur Inovasi Bisnis, Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan setidaknya pada kuartal I/2020, pasar kendaraan roda empat bisa mencatatkan kinerja yang sama dengan pencapain pada kuartal I/2019.

Berdasarkan data Gaikindo, total penjualan kendaraan roda empat secara wholesales pada kuartal I /2019 mencapai 254.332 unit.

“Kami masih optimis kondisi pasar pada kuartal pertama tahun ini paling tidak sama dengan kondisi tahun lalu, bahkan bisa lebih baik,” ucap Yusak kepada Bisnis, Senin (17/02/2020).

Yusak mengatakan terdapat sejumlah faktor pendorong yang dapat membuat kinerja pasar otomotif membaik pada kuartal pertama tahun ini. Salah satunya, adalah kondisi politik yang stabil.

“Banyaknya model baru yang diluncurkan serta kondisi politik yang lebih stabil,” ucapnya.

Meskipun demikian, dia menyatakan ada beberapa hal yang berpotensi mempengaruhi industri otomotif. Menurutnya, pasar perlu tetap waspada mengenai dampak virus corona terhadap kondisi ekonomi global. Dia mengatakan saat ini HPM tengah mengalkulasi dampak dan risiko virus corona terhadap industri otomotif.

“Sekarang ini kami sedang me-monitoring dan study mengenai dampak resiko dari virus corona kedepan,” ujarnya.

Sebelumnya, Penjualan kendaraan roda empat pada awal tahun 2020 menurun. Pasar mobil juga diperkirakan masih akan mengalami stagnasi sepanjang kuartal I/2020.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku bahwa setiap tahun pertumbuhan pemasaran pada Januari umumnya melambat. Namun, penjualan mobil pada Januari 2020 mengalami penurunan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, gaikindo, penjualan mobil

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Fitri Sartina Dewi
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top