Peluang Kendaraan Listrik Kian Terbuka, Model Hybrid Jembatani Peralihan

Model Lexus UX 300e, yang merupakan kendaraan listrik pertama Lexus, bakal meluncur di pasar Eropa setelah dua bulan melakukan debutnya di China.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  18:11 WIB
Peluang Kendaraan Listrik Kian Terbuka, Model Hybrid Jembatani Peralihan
Lexus LS dan Lexus LC. - Lexus

Bisnis.com, JAKARTA - Lexus Indonesia optimistis peluang pasar mobil listrik pada 2020 terbuka lebar seiring dukungan regulasi dari pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden No.55/2019. Kendati begitu, model kendaraan semi elektrifikasi, seperti mobil hibrida, dinilai dapat menjadi jembatan penghubung untuk beralih ke era baru tersebut.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung arah strategi kebijakan pemerintah terkait dengan percepatan kendaraan terelektrifikasi.

Namun, menurutnya, pemerintah perlu menyiapkan langkah strategis agar pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat terealisasi secara baik.

"Teknologi pada dasarnya sudah disiapkan, tetapi untuk bisa berjalan, banyak yang harus disiapkan. Selain kebijakan pemerintah, kesiapan infrastruktur juga menjadi hal yang penting," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (10/2/2020).

Dia menambahkan pemerintah juga perlu menyusun secara cermat grand strategy dalam pengembangan era mobil listrik. Apabila sejumlah infrastruktur pendukung belum siap, pemerintah perlu mencari jembatan peralihan ke era mobil listrik.

Menurutnya, model-model kendaraan terelektrifikasi seperti mobil hibrida dapat menjadi jembatan penghubung. "Supaya target pemerintah untuk nantinya zero emission bisa terlaksana dengan realistis," tuturnya. 

Lexus telah lama mempersiapkan diri untuk menghadapi era mobil listrik. Model Lexus UX 300e, misalnya, bakal meluncur di pasar Eropa setelah dua bulan melakukan debutnya di China. Model tersebut adalah kendaraan listrik pertama dari Lexus. 

"Ini contoh bukti konkret persiapan kami menuju era masa depan tersebut," kata Adrian. 

Lexus Indonesia sepanjang 2019 mencatatkan penjualan sebanyak 1.354 unit, naik 2,03 persen dari total penjualan pada 2018 yang tercatat 1.327 unit.

Salah satu model yang mencatatkan pertumbuhan penjualan paling signifikan adalah sedan ES 300 Hybrid. Mobil dengan harga mulai dari Rp1,15 miliar itu membukukan penjualan sebanyak 140 unit, meningkat lebih dari tiga kali lipat dari capaian 2018 sebanyak 45 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, mobil hybrid

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top