Hyundai Tunggu Respon Pasar Untuk Bawa I20 Terbaru ke Indonesia

Produk yang masuk ke Indonesia biasanya berasal dari pabrik Hyundai di India, sedangkan saat ini Hyundai I20 terbaru hanya diproduksi di Korea Selatan. 
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  15:16 WIB
Hyundai Tunggu Respon Pasar Untuk Bawa I20 Terbaru ke Indonesia
Logo Hyundai. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Hyundai Mobil Indonesia masih menunggu respon pasar untuk membawa versi teranyar dari model I20 ke Indonesia.

Hyundai sebenarnya baru-baru ini telah merilis bocoran sketsa dari Hyundai I20 model 2020. Secara global, kendaraan yang masuk dalam segmen sedan buntung atau hatcback itu kabarnya akan menampakan diri pada Auto Expo 2020 di India.

“Kami lihat tahun ini (Hyundai I20), bisa masuk apa enggak. Kami lihat respon market dulu” kata Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja kepada Bisnis, Kamis (6/2/2020).

Dia mengatakan saat ini Hyundai memiliki dua lini produksi yang berada di Korea Selatan dan India. Produk yang masuk ke Indonesia, jelasnya, biasanya berasal dari pabrik Hyundai di India , khususnya untuk hatchback.

Saat ini, jelasnya, Hyundai I20 terbaru hanya diproduksi oleh pabrik yang berada di Korea Selatan.  "Setelah itu [Hyundai I20 diproduksi] di India."

Hendrik sendiri menilai pasar hatchback di Indonesia terbilang cukup ketat. Menurut dia, persaingan paling ketat terjadi di kelas medium untuk segmen sedan buntung ini.

Lebih lanjut, dia juga menilai bahwa pasar hatchback di Indonesia cenderung stagnan bahkan menurun. Menurut dia preferensi pasar Indonesia saat ini sudah bergeser ke segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

Atas dasar itu, HMI pun memilih untuk fokus di segmen SUV pada 2020 ini. Di kelas ini, model  yang saat ini dipasarkan Hyundai yakni Hyundai Kona, Hyundai Tuscon 2020, dan Hyundai Santa Fe.

“Kalau untuk di indonesia kami masih fokus SUV, karena trennya itu ke SUV. Kami tetap kedepannya akan fokus di SUV,” ucap Hendrik.

Hyundai I20 sendiri memiliki sejarah panjang. Berdasarkan catatan Bisnis,  hatchback kompak ini mulai diproduksi Hyundai sejak awal 2008.

Produk ini  mulai diperkenalkan kepada publik pada Paris Motor Show pada Oktober 2008. Setahun kemudian, Hyundai I20 akhirnya masuk ke Indonesia dan mendapat sambutan cukup baik. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hatchback, hyundai

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top