2019 Lesu, Bridgestone Targetkan Penjualan Ban Membaik di 2020

Managing Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan bahwa untuk mengejar target itu, pihaknya akan berfokus pada pengembangan jaringan ke daerah baru.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 16 Januari 2020  |  10:39 WIB
2019 Lesu, Bridgestone Targetkan Penjualan Ban Membaik di 2020
Ban Bridgstone - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bridgestone Tire Indonesia menargetkan penjualan di pasar domestik pada tahun ini dapat tumbuh positif sekitar 5%—8%, setelah mengalami penurunan pada 2019.

Managing Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan bahwa untuk mengejar target itu, pihaknya akan berfokus pada pengembangan jaringan ke daerah baru. Meski begitu, dia mengakui tahun ini masih akan dipenuhi dengan tantangan dari sisi kondisi ekonomi dalam negeri.

“Fokus kami di tahun ini tentunya lebih melebarkan sayap kami di area di mana Bridgestone belum ada, maupun masih lemah, sehingga penjualan kami harapkan bisa naik sekitar 5%—8% pada 2020, walaupun kami tahu tantangan kondisi ekonomi masih mengintai pasar Indonesia,” katanya kepada Bisnis, Rabu (15/1/2020).

Dia menjelaskan sejauh ini pihaknya melihat belum ada potensi yang dapat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan pada 2020. Dari sisi global, tensi perang dagang antara Amerika Serikat dan China juga masih mengintai.

Meski begitu, dia mengatakan total pasar ban di Indonesia masih dapat meningkat seiring dengan rampungnya sejumlah proyek infrastruktur baru pada 2020. Rencana dibukanya sejumlah ruas jalan tol diyakini akan berdampak positif.

Industri ban pada tahun lalu menghadapi periode penuh tantangan seiring dengan penurunan penjualan mobil yang mencapai sekitar 11%. Meski begitu, Mukiat mengatakan bahwa penurunan penjualan Bridgestone pada tahun lalu tidak sedalam industri otomotif, hanya sekitar 5% secara tahunan.

“Di luar hal tersebut pasar ekspor juga turun karena kondisi pasar global. Dampak terbesar penurunan ekspor karena keadaan ekonomi global yang belum terlalu membaik,” katanya.

Berdasarkan segmennya, penjualan ban untuk kendaraan penumpang masih cukup baik pada 2019. Dia mengatakan bahwa penurunan justru lebih banyak terjadi pada segmen kendaraan komersial. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kinerja sektor komoditas dalam negeri pada periode tersebut.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun lalu total pangsa pasar Bridgestone dikendaraan penumpang mencapai sekitar 42%. Salah satu segmen yang tumbuh positif adalah model ban dengan High Rim Dimension.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bridgestone

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top