Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Otomotif Loyo, Penjualan Sedan Medium Justru Tumbuh

Kenaikan penjualan pada segmen sedan medium disumbang oleh kenaikan penjualan All New Camry pada tahun ini.
Model berpose di dekat mobil Toyota All New Camry 2019, saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Model berpose di dekat mobil Toyota All New Camry 2019, saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Segmen sedan medium dengan kapasitas mesin 1.500 cc—3.000 cc menjadi anomali di tengah tren penurunan penjualan mobil sepanjang tahun ini.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan sedan sepanjang Januari—Oktober mencapai 5.242 unit, turun 8,90% secara tahunan. Adapun, total penjualan kendaraan pada periode yang sama mencapai 849.609 unit, turun 11,75% secara tahunan.

Adapun berdasarkan segmennya, penjualan sedan kecil dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc hingga 3.000 cc tercatat sebanyak 3.716 unit, meningkat 25,46% secara tahunan. Segmen ini menjadi satu-satunya segmen sedan yang tumbuh pada tahun ini.

Segmen sedan dengan kapasitas dapur pacu di bawah 1.500 cc mencatatkan penurunan sebesar 44,63% secara tahunan, menjadi 1.453 unit. Sementara itu, sedan dengan kapasitas mesin di atas 3.000 cc menurun 56,55% menjadi 73 unit saja.

Kenaikan penjualan pada segmen sedan medium disumbang oleh kenaikan penjualan All New Camry pada tahun ini. Model yang dirilis pada awal tahun ini mencatatkan penjualan sebanyak 1.355 unit, meningkat 93,57% dari penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 700 unit. Kinerja penjualan ini juga mengantarkan mobil ini menjadi sedan terlaris di Indonesia pada 2019.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menjelaskan kenaikan penjualan pada segmen sedan medium terdorong oleh penjualan positif All New Camry pada tahun ini.

Menurutnya, strategi peluncuran generasi terbaru mobil ini pada awal tahun berhasil diterima dengan baik oleh konsumen di segmen ini. Namun, dia mengatakan bahwa tak berarti hal ini menyebabkan terjadinya perpindahan segmen dari sedan kecil ke sedan medium.

“Camry tahun ini sangat baik karena ada perubahan model, ini menjadi faktor utama. Memang model Camry yang baru ini sangat ditunggu dan sangat diterima oleh pasar. Model ini membuat konsumen di segmen ini membeli, atau mempercepat keputusan membelinya, tapi bukan pindah segmen ya,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Dia mengatakan bahwa kehadiran model berhasil meningkatkan animo konsumen pada segmen sedan medium. Dia juga mengklaim bahwa model ini cukup ditunggu-tunggu para konsumen karena peluncurannya berselang cukup lama dari model generasi sebelumnya, sektiar 4—5 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper