Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Targetkan Penjualan Mobil Tumbuh 20 Persen pada 2020

Beberapa faktor, seperti pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur akan menjadi penentu pertumbuhan penjualan pada 2020.
Suzuki New Baleno/Bisnis-Ilman A. Sudarwan
Suzuki New Baleno/Bisnis-Ilman A. Sudarwan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan kinerja dapat tumbuh pada tahun depan, baik dari sisi pangsa pasar maupun penjualan.

Direktur Pemasaran 4W SIS Donny Saputra mengatakan bahwa pada tahun depan pihaknya menargetkan penjualan tumbuh sekitar 20% dari realisasi pada tahun ini. Dengan pertumbuhan penjualan itu, dia meyakini pangsa pasar Suzuki naik menjadi 12%.

“Saat ini pangsa pasar kami sekitar 10%, tahun depan kami targetkan pangsa pasar kami naik jadi 12%. Berarti dari sisi penjualan naik sekitar 20%,” katanya di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Dia memproyeksikan total pasar domestik pada tahun depan bakal meningkat sekitar 5% dari 2019. Menurutnya, beberapa faktor, seperti pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur akan menjadi penentu pertumbuhan penjualan pada 2020.

Namun menurutnya, para agen pemegang merek (APM) juga perlu berlomba-lomba dalam memberikan stimulus kepada pasar, khususnya dari peluncuran produk baru. Menurutnya, peluncuran produk yang tepat bakal memperluas pasar di Indonesia.

SIS memproyeksikan tahun depan penjualan akan banyak ditopang oleh segmen kendaraan penumpang. Hal itu merupakan pola lanjutan dari pertumbuhan penjualan kendaran komersial yang telah meningkat mulai paruh kedua tahun ini.

“Kendaraan komersial karena lalu lintas barang jasa naik, karena infrasturkturnya sudah selesai, biasnaya setelah komersial naik penumpang ikutan naik, jadi di tahun depan recovery untuk jualan kendaraan penumpang,” katanya.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan Suzuki sepanjang Januari—Oktober 2019 mencapai 80.190 unit, turun sekitar 19,5% secara tahunan. Pangsa pasar Suzuki sepanjang 10 bulan tahun ini mencapai 10,3%, naik dari posisi tahun lalu 9,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper