Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Kendaraan Roda Empat di Pasar Domestik Dekati 1 Juta Unit

Kendati mulai meningkat pada semester II/2019, angka penjualan pada 11 bulan tahun ini masih menurun sekitar 11,57 persen secara tahunan.
Dealer Mitsubishi Palembang
Dealer Mitsubishi Palembang

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan kendaraan bermotor roda empat terus bertumbuh menjelang penutupan akhir tahun ini. Performa ini membuat target penjualan sebanyak 1 juta unit pada tahun ini menjadi sangat realistis untuk diwujudkan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikelola oleh PT Astra International Tbk. menunjukkan bahwa sepanjang Januari—November penjualan mobil di pasar domestik secara keseluruhan mencapai 940.362 unit.

Kendati mulai meningkat pada semester II/2019, angka penjualan pada 11 bulan tahun ini masih menurun sekitar 11,57 persen secara tahunan. Pada periode yang sama tahun lalu, total penjualan kendaraan bermotor roda empat mencapai 1,06 juta unit.

Penjualan grup Astra pada periode tersebut mencapai 495.357 unit atau sektiar 52,67 persen dari pasar domestik secara keseluruhan. Toyota menjadi penyumbang penjualan paling tinggi, yakni 305.744 unit, disusul oleh Daihatsu 166.429 unit.

Posisi ketiga merek paling laris di pasar domestik diisi oleh Mitsubishi yang mencatatkan menorehkan penjualan 148.438 unit, sedangkan posisi keempat diisi oleh Honda dengan angka penjualan 125.043 unit.

Meski begitu, penjualan pada November ternyata tidak setinggi yang diproyeksikan oleh pelaku industri. Penjualan pada bulan lalu hanya mencapai 90.798 unit, lebih rendah dibandingkan dengan Oktober sebanyak 90.798 unit.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara tetap optimistis angka penjualan pada akhir tahun dapat mencapai angka 1 juta unit. Sebelumnya, Gaikindo memproyeksikan penjualan pada tahun ini mencapai kisaran 1,05 juta.

“Akhir tahun kami masih harapkan penjualan di angka 1 juta, tapi belum tahu persisnya berapa karena datanya ada beberapa yang belum masuk. Namun, kami tetap optimistis penjualan sektiar 1 jutaan,” katanya kepada Bisnis, Senin (16/12/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper