Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Respons Daihatsu Soal Datsun Akan Berhenti Produksi

Daihatsu menyebut pilihan kendaraan dengan harga terjangkau makin sedikit bagi konsumen karena kehilangan Datsun. Namun, kehadiran Renault Triber dengan harga yang mirip LCGC bisa menjadi angin segar bagi konsumen. 
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 07 Desember 2019  |  14:45 WIB
Model berpose di dekat mobil Datsun Go pada peluncurannya di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Model berpose di dekat mobil Datsun Go pada peluncurannya di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Daihatsu menyebut pilihan kendaraan dengan harga terjangkau makin sedikit bagi konsumen karena kehilangan Datsun.

Namun, kehadiran Renault Triber dengan harga yang mirip LCGC bisa menjadi angin segar bagi konsumen.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk., Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan bahwa Daihatsu melihat kehadiran pemain baru akan membantu konsumen untuk memiliki semakin banyak pilihan kendaraan dengan harga terjangkau.

"Semakin banyak produk di pasar, kami ikut senang, tapi kalau hilang berarti konsumen semakin sedikit pilihannya," ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12/2019). 

Hendrayadi menambahkan bahwa masih sulit untuk memprediksi pasar mobil dengan harga terjangkau pada tahun depan. Yang pasti pangsa model low cost green car (LCGC) tergolong sangat besar karena berkontribusi sekitar 20% terhadap total penjualan otomotif nasional.

Untuk Renault Triber, katanya,  Daihatsu akan melihat produk tersebut setelah dipasarkan. Renault melalui Triber merupakan salah satu pemain baru karena harganya yang mirip-mirip LCGC.

"Nanti kami lihat barangnnya di pasar," tambahnya. 

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian mengatakan Nissan akan menghentikan produksi Datsun pada Januari 2020.

Nissan memilih fokus untuk mengembangkan kendaraan listrik dan mengembangkan pabrik untuk mendukung produksi mesin New Livina dan Mitsubishi Xpander sebagai bagian dari sinergi aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault.

Di sisi lain, Renault telah memperkenalkan model baru Triber 7 seater pada GIIAS 2019 lalu. Harga resmi kendaraan  yang didatangkan dari India itu baru diumumkan tengah bulan lalu di mana bakal dipasarkan mulai dari Rp133 juta hingga Rp169,9 juta.

Harga multipurpose vehicle (MPV) Renault itu disebut beririsan dengan model LCGC seperti Daihatsu Sigra ataupun Toyota Calya.  Saat ini model MPV LCGC itu berkontribusi sangat besar kepada penjualan Daihatsu dan Toyota.

Harga Triber yang bersaing dengan LCGC diprediksi bakal bersaing ketat memperbutkan pasar mobil murah 7 seater.  Untuk gambaran,  harga Calya OTR DKI Jakarta mulai dari Rp136,05 juta hingga Rp158,4 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan daihatsu
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top