LAPORAN DARI TOKYO MOTOR SHOW : Mobil Pintar Toyota LQ Dibuat dengan Cinta

Chief Development Toyota Motor Corporation Daisuke Ido menyatakan Toyota LQ akan beroperasi secara terbatas di Olympic-Paralympic Tokyo 2020.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Oktober 2019  |  07:30 WIB
LAPORAN DARI TOKYO MOTOR SHOW : Mobil Pintar Toyota LQ Dibuat dengan Cinta
Toyota LQ. BISNIS - Fatkhul Maskur

Bisnis.com, TOKYO – Toyota Motor Corporation melansir mobil Toyota LQ pada ajang pameran Tokyo Motors Show (TMS) 2019 di Aomi Exhibition, Tokyo, 24 Oktober – 4 November 2019.

Chief Development Toyota Motor Corporation Daisuke Ido menyatakan Toyota LQ akan beroperasi secara terbatas di Olympic-Paralympic Tokyo 2020.

Toyota LQ adalah sebuah kendaraan konsep yang memanfaatkan teknologi canggih untuk membangun sebuah ikatan emosional antara mobil dan pengemudi. LQ merupakan singkatan dari love yang berarti cinta, dan Que yang mengacu pada memicu peristiwa.

Sebenarnya mobil ini pernah dipamerkan di CES 2017 dengan nama Toyota Concept-I, serta di Gaikindo Indonesia international Auto Show (GIIAS) 2018.

"Di masa lalu, cinta kita pada mobil dibangun pada kemampuan untuk membawa kita ke tempat yang jauh dan memungkinkan petualangan kita," katanya, Selasa (22/10/2019).

Toyota LQ diciptakan dengan teknologi canggih untuk memberi pengalaman personal, memenuhi kebutuhan mobilitas spesifik, dan membangun keterikatan intim mobil dengan pengemudi. Sebuah teknologi artificial intelligent (AI) bernama Agent Yui adalah kuncinya.

Toyota LQ mengusung konsep Learn, Grow, Love. Dengan menggunakan deep learning system, Yui akan mengenal lebih jauh penggunanya berdasarkan data yang diberikan, tumbuh kembang bersama penggunanya, dan menjadi partner seiring berjalannya waktu.

Yui dapat berkomunikasi dengan suara secara interaktif dengan pengemudinya, termasuk untuk mengubah desain bangku untuk meningkatkan kewaspadaan dan mereduksi stres, mengatur pencahayaan kabin sesuai mood penumpang, bahkan mengatur AC dan pengharum ruang.

Toyota LQ sudah mencapai level 4 autonomous vehicle yang berarti ia sudah bisa berjalan sendiri secara otomatis di ekosistem yang mendukung. LQ juga bisa mencari sendiri spot parkir khusus di area publik sehingga memudahkan pengguna dengan keterbatasan, seperti kaum disabilitas, lanjut usia, dan wanita hamil.

Fitur Augmented Reality Head Up Display (ARHUD) menggunakan teknologi augmented reality ala game Pokemon untuk memberikan ragam informasi pada pengemudi.

Data disajikan dalam tiga dimensi yang mudah dipahami dalam layar ekstra besar 230 inci sejauh 7 hingga 41 meter di depan pengemudi.

Toyota LQ juga berusaha menjaga tingkat kewaspadaan dengan membuat bangku berisi udara yang dapat dikembang-kempiskan sesuai tingkat kelelahan pengemudi.

LQ akan memompa sandaran bangku agar lebih tegak dan mengaliri dengan udara dingin ketika dideteksi sopir mengalami kelelahan. Bahkan, Yui juga akan membuka pembicaraan, seperti memancing percakapan mengenai tim sepak bola favorit untuk membuat sopir tetap terjaga.

Mengandalkan penggerak BEV, Toyota LQ punya jarak tempuh hingga 300 km dengan dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.480 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Desain futuristik begitu kental terasa di luar dan di dalam.

Kabin nyaman dengan desain minimalis menyembunyikan kisi AC dari pandangan. Dasbor dan konsol tengah dibuat dengan teknologi 3D printing untuk mengurangi struktur, memberi kesan lega, dan mempunyai ergonomika tinggi. Termasuk beberapa panel frameless yang memberi kesan menyatu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mobil, toyota, Tokyo Motor Show 2019

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top