Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOKYO MOTOR SHOW 2019 : Toyota Ungkap Strategi Elektrifikasi

Tokyo Motor Show (TMS) 2019 akan digelar mulai 24 Oktober-4 November di Tokyo Big Sight dan beberapa tempat di Odaiba. Sebelum pembukaan, Toyota mengungkapkan gambaran terbaru sebagai perusahaan mobilitas dan strategi elektrifikasinya.

Bisnis.com, TOKYO – Tokyo Motor Show (TMS) 2019 akan digelar mulai 24 Oktober-4 November di Tokyo Big Sight dan beberapa tempat di Odaiba. Sebelum pembukaan, Toyota mengungkapkan gambaran terbaru sebagai perusahaan mobilitas dan strategi elektrifikasinya.

Pada acara Briefing Media mengenai TMS 2019, Executive Vice President Member of the Board of Directors Toyota Motor Corporation (TMC) Shigeki Terashi menyatakan bahwa diperlukan penggunaan beragam kendaraan berlistrik untuk merealisasikan pengurangan 90% emisi CO2 kendaraan baru pada 2050.

“Kita mulai dengan dua pertanyaan,” ujarnya kepada kalangan media dari kawasan Asia, Selasa (22/10/2019).

Pertama, adalah tidak efisien untuk mengembangkan semua jenis kendaraan listrik, mencakup hybrid electric vehicle (HEV), plug-in electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV), dan fuel cell electric vehicle (FCEV). Dengan demikian, sumber daya harus difokuskan pada BEV misalnya, dalam hal “Seleksi & Konsentrasi”

Kedua, adalah pendekatan terbaiknya untuk mengembangkan jenis kendaraan listrik “semua” untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan serta mengurangi CO2 dalam skala global.

TMC menargetkan peningkatan CAFE (corporate average fuel economy) hingga 50%, dan zero emission vehicle /new energy vehicle (ZEV/NEV) di level 20% sales mix.

Apabila hanya dengan BEV, maka jumlah kendaraan dari segi jumlah kendaraan konvensional saja yang berkurang 20%.

Akan tetapi, apabila ada bauran BEV/FCEV ditambah dengan hibrida maka akan ada tambahan tekanan pada tingkat emisi CO2 sebesar 40%.

"Akan lebih baik mencapai target CAFE dengan kombinasi HEV ditambah BEV dan FCEV," kata Therasi.

Selain itu, katanya, tren pasar dunia juga diwarnai dengan preferensi konsumen yang beragam atas banyak tipe kendaraan terelektrifikasi.

Toyota memiliki ragam model kendaraan terelektrifikasi yang lengkap, mulai dari HEV (Corolla, Prius, Camry, RAV4, CHR), PHEV (Prius, RAV4), dan FCEV (Mirai).

Selain itu, Toyota segera meluncurkan sejumlah model BEV sekaligus pada ajang TMS 2019, mulai dari Toyota LQ, serta kendaraan ultra kompak untuk bisnis, alat mobilitas di area pejalan kaki, kendaraan kursi roda, serta Toyota mencakup beberapa jenis, yakni model untuk bisnis, model area BEV berdiri, dan Toyota i-Road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper