BPPT Gelar Konvoi Puluhan Kendaraan Listrik Jakarta-Tangsel

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan sosialisasi kendaraan listrik lewat konvoi kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta, sampai ke fasilitas BPPT di Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan pada Sabtu (7/9/2019).
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 07 September 2019  |  11:27 WIB
BPPT Gelar Konvoi Puluhan Kendaraan Listrik Jakarta-Tangsel
Konvoi Kendaraan Listrik, puncak acara IEMS dari BPPT - Bisnis/Agne Yasa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan sosialisasi kendaraan listrik lewat konvoi kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta, sampai ke fasilitas BPPT di Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan pada Sabtu (7/9/2019).

Konvoi Kendaraan Listrik dari BPPT Thamrin ke BPPT Serpong merupakan rangkaian Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang telah diawali dengan seminar dan pameran kendaraan listrik di Balai Kartini Jakarta pada 4-5 September 2019.

Adapun konvoi ini bertujuan untuk menyosialisasikan kendaraan listrik yang ramah lingkungan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara kepada masyarakat.

Pawai mobil dan motor listrik ini dilepas langsung oleh Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi. Dia mengatakan gelaran IEMS mendapat animo yang sangat banyak dari masyarakat.

"Alhamdulillah hari ini kita akan bersama-sama dari Thamrin ini ke Serpong karena kami juga ingin menyosialisasikan fast charging station milik BPPT yang ada di Thamrin dan di Serpong," kata Eniya.

Sejalan dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 55/2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan. 

BPPT berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan mengetahui gerakan kendaraan bermotor listrik.

"Dengan adanya percepatan peraturan presiden akan segera kita terima, kita masukan ke dalam kehidupan kita dan semoga lifestyle kita berubah, semakin dekat dengan energi baru terbarukan, semakin dekat dengan green style," katanya.

BPPT menggandeng sejumlah perusahaan otomotif diantaranya Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, Toyota, Tesla, Wuling, AHM, VIAR, Selis, dan sebagainya.

Gelaran ini diikuti oleh 69 kendaraan yang terdiri dari satu Bus Listrik MAB, 18 mobil, 10 motor dan 41 sepeda dengan total kurang lebih 143 orang.

Pada konvoi yang dimulai pada pukul 08.00 wib dari Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, di baris pertama, jajaran motor dan sepeda memimpin konvoi, dilanjutkan dengan mobil listrik dan di barisan terakhir Bus MAB mengawal deretan kendaraan listrik tersebut.

Di BPPT Serpong, pemerintah daerah dengan para pejabat BPPT, LIPI, BATAN serta Kemenristekdikti menyambut kedatangan peserta konvoi kendaraan listrik tersebut.

Selain konvoi, dalam event ini juga dilakukan kunjungan Fast Charging Station BPPT. Para peserta konvoi dapat melakukan pengisian baterai mobil maupun motor listrik gratis di fasilitas BPPT yang dikembangkan sejak tahun 2018 tersebut.

Dalam event tahunan BPPT ini, hal yang tidak kalah menarik adalah test drive kendaraan listrik. Pengunjung juga bisa menikmati nyamannya mengendarai mobil serta motor listrik di area test drive.

Panitia penyelenggara bekerjasama dengan pabrikan otomotif di Indonesia menyediakan lebih dari 10 kendaraan listrik untuk memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat.

Bagi yang tertarik, hanya cukup mendaftar di tempat registrasi untuk mencoba kendaraan listrik tersebut. Selain Test drive, para pengunjung juga bisa mengenal lebih dalam produk motor listrik di stand booth AHM, VIAR, United Bike dan Goodrich. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bppt, Kendaraan Listrik

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top