Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Produksi Mobil Listrik, Toyota Pertimbangkan Sejumlah Pabrik

Toyota Indonesia belum menentukan apakah akan memproduksi sendiri mobil listriknya di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  15:41 WIB
Toyota Prius. - Bisnis.com/DRG
Toyota Prius. - Bisnis.com/DRG

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Indonesia belum menentukan apakah akan memproduksi sendiri mobil listriknya di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Pasalnya dalam Perpres No.55/2019 salah satunya disebutkan bahwa mobil listrik harus diproduksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tertentu dalam beberapa tahun ke depan.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan pihaknya masih membuka semua kemungkinan bahwa mobil listrik Toyota bisa diproduksi dari banyak sumber.

"Bagi TAM sumbernya bisa dari TMMIN atau ADM. Masih belum ditentukan," ujarnya kepada Bisnis pekan lalu.

Menurutnya, hal yang sama juga berlaku pada model kendaraan listrik yang paling memungkinkan diproduksi. Pihaknya masih melihat dan mempelajari kemungkinan semua model yang dapat diproduksi sebagai mobil listrik.

"Riset dan skenario sudah ada tapi masih menunggu [keputusan] principal. Ini kan bukan hanya untuk pasar domestik tapi juga untuk ekspor. Jadi mereka pasti juga sedang study kira-kira produk apa yang cocok," katanya.

Namun, dia memastikan dalam waktu dekat Toyota sudah mempersiapkan dua model kendaraan listrik yang akan dikenalkan di pasar Indonesia. Bocoran yang telah diberikan adalah salah satunya adalah Prius PHEV dan yang lainnya berjenis hybrid.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top