Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hino Dutro Hybrid Masih Kemahalan Jika Dijual di Indonesia

PT Hino Motors Sales Indonesia memboyong Dutro Hybrid di ajang GIIAS 2019.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  05:34 WIB
Hino Dutro Hybrid - Thomas Mola
Hino Dutro Hybrid - Thomas Mola

Bisnis.com, TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memboyong Dutro Hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Namun, produk ini belum dijual di pasar Indonesia.

Pasalnya, harga model truk listrik ini masih 1,5 kali lebih mahal dibandingkan dengan model yang sama tetapi berjenis ICE (internal combussion engine).

Santiko Wardoyo, Sales & Promotion Director Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan bahwa di segmen kendaraan niaga, perhitungan pada biaya kepemilikan hingga purnajual sangat diperhatikan sehingga perbedaan harga antara jenis Dutro ICE dan hybrid masih tergolong tinggi bila dipasarkan di Indonesia.

"Kalau kita hitung naiknya 150% atau 1,5 kali naiknya [dibandingkan dengan model konvensional]. Itu tidak masuk di pasar Indonesia. Barangnya kan sama, cuma bahan bakarnya beda," ujarnya di Tangerang, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, bila kenaikannya hanya berkisar 125%, penjualan di pasar Tanah Air masih bisa dipertimbangkan. Pasalnya, terjadi penghematan biaya di sisi operasional seperti salah satunya pada efisiensi bahan bakar yang mencapai 40% bila dibandingkan dengan Dutro konvensional.

Hal yang sama pun terjadi pada bus hybrid yang diakui Santiko, Hino juga sudah memiliki line-up di pasar global. Dia pun berharap pada kepastian regulasi yang menawarkan insentif pada kendaraan listrik sehingga harga yang ditawarkan pun masuk ke kantong konsumen di dunia usaha.

"Kalau masalah impor itu gampang. Namun kami tidak mau bawa barang yang value-nya kurang karena berasal dari impor. Kita maunya harus bisa dilokalkan. Jadi kita tidak buru-buru main bawa saja ke Indonesia," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT Hino Motors Sales Indonesia GIIAS 2019
Editor : Galih Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top