Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Dutro Hybrid Masih Kemahalan Jika Dijual di Indonesia

PT Hino Motors Sales Indonesia memboyong Dutro Hybrid di ajang GIIAS 2019.
Hino Dutro Hybrid/Thomas Mola
Hino Dutro Hybrid/Thomas Mola

Bisnis.com, TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memboyong Dutro Hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Namun, produk ini belum dijual di pasar Indonesia.

Pasalnya, harga model truk listrik ini masih 1,5 kali lebih mahal dibandingkan dengan model yang sama tetapi berjenis ICE (internal combussion engine).

Santiko Wardoyo, Sales & Promotion Director Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan bahwa di segmen kendaraan niaga, perhitungan pada biaya kepemilikan hingga purnajual sangat diperhatikan sehingga perbedaan harga antara jenis Dutro ICE dan hybrid masih tergolong tinggi bila dipasarkan di Indonesia.

"Kalau kita hitung naiknya 150% atau 1,5 kali naiknya [dibandingkan dengan model konvensional]. Itu tidak masuk di pasar Indonesia. Barangnya kan sama, cuma bahan bakarnya beda," ujarnya di Tangerang, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, bila kenaikannya hanya berkisar 125%, penjualan di pasar Tanah Air masih bisa dipertimbangkan. Pasalnya, terjadi penghematan biaya di sisi operasional seperti salah satunya pada efisiensi bahan bakar yang mencapai 40% bila dibandingkan dengan Dutro konvensional.

Hal yang sama pun terjadi pada bus hybrid yang diakui Santiko, Hino juga sudah memiliki line-up di pasar global. Dia pun berharap pada kepastian regulasi yang menawarkan insentif pada kendaraan listrik sehingga harga yang ditawarkan pun masuk ke kantong konsumen di dunia usaha.

"Kalau masalah impor itu gampang. Namun kami tidak mau bawa barang yang value-nya kurang karena berasal dari impor. Kita maunya harus bisa dilokalkan. Jadi kita tidak buru-buru main bawa saja ke Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper