Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil Ladder Frame Potensial

Pasar mobil high sport utility vehicle (SUV) ladder frame atau sasis ladder dinilai potensial.
Isuzu MUX. /Bisnis.com-ilham Budiman
Isuzu MUX. /Bisnis.com-ilham Budiman

Bisnis.com, TANGERANG - Pasar mobil high sport utility vehicle (SUV) ladder frame atau sasis ladder dinilai potensial. Buktinya, meski baru diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (18/7), salah satu jenis kendaraan ini, Isuzu MUX, telah laku terjual 70 unit.

“Pasar SUV high ladder frame memang besar dan potensinya lumayan. Isuzu MU-X ada di situ. Baru diluncurkan, mobil itu sudah laku 70 unit," ujar  Marketing Division Head PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Andy Dwi Zatmoko di GIIAS 2019, ICE BSD, pekan lalu.

Tahun ini, Astra Isuzu menerapkan strategi baru, termasuk menghadirkan MU-X 4x4 I-Series di GIIAS, selain S-Series dan Z-Series yang akan muncul kemudian. "Ternyata sambutannya mengejutkan,” ujar Andy seusai acara penyerahan secara simbolis kunci mobil MU-X 4x4 I-Series kepada pembeli pertama di booth Isuzu di GIIAS 2019.

Pembeli Isuzu MUX adalah PT Bumi Jasa Utama (BJU) yang menjadi konsumen pertama Isuzu di GIIAS 2019. Perusahaan rental itu memborong 70 unit, yang seluruhnya akan disewakan PT BJU ke Perhutani untuk operasional di sejumlah daerah di Jawa.

Penyerahan dilakukan Presiden Direktur PT IAMI Ernando Demily didampingi Chief Executive Officer Astra Isuzu Rahmat Samulo kepada Chief Operation Officer PT Bumi Jasa Utama Andi M Gunawan. Kadiv SDM dan Umum Perhutani Yulistyo Ananta S juga hadir mewakili pengguna 70 unit MU-X 4x4 I-series.

Yulistyo Ananta mengatakan, kendaraan Isuzu andal di segala bidang. Perusahaannya sudah berpengalaman menggunakan mobil Isuzu, terutama mobil kabin ganda D-Max. “Mobil Isuzu bandel, terutama dalam penggunaan bahan bakar, dan bisa pakai solar jenis apa saja, makanya kami tidak khawatir mobil di mana saja.”

Adapun Gunawan mengatakan bahan bakar memang menjadi pertimbangan perusahaan-perusahaan untuk memilih Isuzu. Sebab, kebanyakan perusahaan kehutanan, perkebunan, maupun tambang, beroperasi di pelosok, jadi tidak semuanya bisa mendapatkan solar dalam kualitas tinggi.

Menurut Andy, Isuzu MU-X mampu menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada di Indonesia lantaran mesinnya dibalut filter ganda dan diamond like-carbon pada sistem bahan bakarnya, sehingga menjadikan mesin lebih tahan lama.

Selain Isuzu MUX, model SUV yang menggunakan sasis ladder frame di antaranya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, dan Jeep Wrangler. Disebut sasis tangga karena bentuknya mirip tangga.

Kaki-kaki mobil berangka ladder frame lebih kuat dan memiliki ground clearance tinggi sehingga lebih bisa diandalkan untuk melibas medan offroad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper