Diproduksi di Indonesia, Kawasaki KLX 230 Akan Diekspor ke Amerika

Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan KLX 230 sebagai pelengkap jajaran motor dual purpose dari KLX 150 dan KLX 250. Motor yang diluncurkan perdana di dunia ini akan diekspor ke sejumlah negara, untuk tahap awal ke Amerika.
Fatkhul Maskur | 23 Mei 2019 17:00 WIB
Kawasaki KLX 230. - foto kawasaki.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan KLX 230 sebagai pelengkap jajaran motor dual purpose dari KLX 150 dan KLX 250. Kawasaki KLX230, motor berkonsep dirt bike dengan desain dual purpose, bertenaga, ringan, dan mudah bermanuver. Motor yang diluncurkan perdana di dunia ini akan diekspor ke sejumlah negara, untuk tahap awal ke Amerika.

"Nanti selanjutnya kemungkinan ke Thailand," kata Deputi Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia Michael C. Tanadi, Rabu (23/5/2019).

Pengiriman ke Amerika bukan tanpa alasan. Michael menyebut pasar di Amerika sangat menjanjikan. "Di Amerika Selatan, penjualan KLX 150 sangat bagus," ujarnya.

Kawasaki menargetkan penjualan KLX 230 sekitar 10.000 unit untuk pasar domestik dan 15.000 unit untuk pasar ekspor selama setahun.

Menurut dia, Kawasaki menggunakan mesin yang benar-benar baru dengan mesin berkapasitas 233 cc pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi yang diset untuk menggapai tenaga pada bawah dan menengah. "Mesin ini benar-benar baru bukan bore up dari 250cc," ujarnya.

Mesin All-new KLX230 menghasilkan tenaga yang besar. Konfigurasi long-stroke-nya memberikan torsi dengan rentang low-mid yang kuat, tarikan kuat, dan kontrol low-speed yang ringan. Semprotan bahan bakarnya juga menghasilkan respon yang presisi dan mudah dikontrol.

"Torsi yang halus menciptakan karakter yang mudah dikuasai dan memberikan percepatan yang linear. Selanjutnya, konstruksi sederhana yang dihasilkan dari air-cooling membuat KLX230 ideal untuk trail riding," ujarnya.

Sejak awal, KLX230 sudah didesain untuk dirt-riding, terlihat dari all-new perimeter frame pada motor ini yang memberikan kestabilan pengendaraan. "Ini sasis baru yang rancang dari model diamond dan telah dikembangkan," ujar Line Heas Sales and Production Departemen Marketing dan Sales KMI Sucipto Wiyono.

Desain mesin simple, KLX230 menggunakan pendingin udara dan desain SOHC 2 katup yang memiliki banyak manfaat. Mesin berpendingin udara membutuhkan part lebih sedikit daripada berpendingin cair, sehingga membuat sasis menjadi lebih ringan dan kompak. Konfigurasi SOHC satu silinder yang sederhana menawarkan mesin yang mudah digunakan dan cocok untuk berkendara, serta andal dan memiliki daya tahan.|

Mesin dan rangka didesain selaras, sehingga dapat meminimalisir tinggi mesin, serta membentuk garis frame yang optimal sehingga tidak kaku dan juga membuat jok menjadi rendah. "Wheelbase yang pendek membuat motor ini mudah dikendarai saat bermanuver, sehingga cocok untuk pengendara pemula," ujar Sucipto.

Lingkar diameter roda 21 inchi dan 18 inchi yang mampu menanggulangi obstacle atau rintangan yang dihadapi di jalan. Hal ini juga semakin meningkatkan performa trail-riding.

Long-travel suspension depan dan belakang pada KLX230 dapat meredam benturan saat menghantam trail. Dan dengan ground clearance setinggi 265 mm, memudahkan pengendara untuk menghalau rintangan yang mereka temui. Dilengkapi dengan rem cakram di depan dan belakang, memberikan pengereman yang kuat.

KLX 230 dijual dengan harga Rp 39,9 juta sedangkan model edisi spesial dipasarkan Rp 42,3 juta. Hanya saja, harga ini merupakan harga perkenalan saat peluncuran saat Pekan Raya Jakarta di JI Expo Kemayoran. Pengiriman ke konsumen akan dilakukan setelah lebaran. Setelah itu, harga baru akan keluar. Hanya saja ketika ditanyakan ke Sucipto, "Tunggu nanti."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PT Kawasaki Motor Indonesia, Ekspor Sepeda Motor

Sumber : Tempo.co

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top