Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sedan Lesu, Model Coupe All New BMW Z4 Ludes Terjual

Di tengah pasar sedan yang terus melesu, All New BMW Z4 ludes terjual di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. All New BMW Z4 adalah model sedan dua pintu (coupe).
New BMW Z4 Roadster (09/2018). Konsumsi bahan bakar gabungan: 7.4  7.1 l per 100 km; CO2 emissions combined: 168  162 g per km. /BMW
New BMW Z4 Roadster (09/2018). Konsumsi bahan bakar gabungan: 7.4 7.1 l per 100 km; CO2 emissions combined: 168 162 g per km. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pasar sedan yang terus melesu, All New BMW Z4 ludes terjual di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. All New BMW Z4 adalah model sedan dua pintu (coupe).

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan bahwa Telkomsel IIMS 2019 memang menjadi momentum istimewa untuk mengenalkan produk baru seperti seperti All New BMW Z4 dan All New BMW X5.

"Terbukti, model- model kendaraan inovatif tersebut mendapat sambutan yang sangat baik dari para pengunjung BMW Group Pavilion dengan jumlah pemesanan kendaraan yang sangat baik," ujarnya, Selasa (7/5/2019)

BMW hanya menyediakan 20 unit All New BMW Z4 untuk pasar Indonesia. Adapun di ajang IIMS 2019, BMW Group hanya menyediakan 10 unit BMW Z4 dan semuanya ludes terjual. Artinya, sedan coupe yang dibanderol dengan harga Rp1,459 milar (off-the-road) ini hanya tersisa 10 unit.

Menilik kesuksesan BMW dalam memasarkan Z4, agaknya pasar sedan dua pintu tetap memiliki penggemar. Di kelas mesin yang sama, beberapa merek lain seperti Audi, Mazda, dan Toyota, juga masih mempertahankan amunisi sedan coupe-nya masing-masing. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sedan coupe di kelas 2.000 cc diisi beberapa produk antara lain BMW Z4, Audi A5, Mazda MX-5 RF, dan Toyota 86.

Dengan permohonan kendaraan BMW Z4 sebanyak 10 unit tersebut, maka pasar sedan coupe 2.000 cc pada kuartal I/2019 dipimpin oleh BMW. Toyota 86 dan Mazda MX-5 berada dibawahnya dengan total penjualan masing-masing 9 unit dan 8 unit. Sedangkan di posisi buncit, Audi A5 tidak membukukan penjualan sama sekali. Jadi, dapat disimpulkan bila dilihat dari kuantitas penjualan, sedan dua pintu masih belum mampu menyumbang banyak bagi total penjualan segmen ini.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan jenis sedan terus merosot tajam yakni sekitar 27% pada kuartal pertama tahun ini. Dalam 3 bulan pertama, para agen pemegang merek hanya mampu memasarkan 1.343 unit (wholesales). Padahal, tahun lalu pada periode yang sedan mampu terjual hingga 1.844 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper